alexametrics

Salurkan Hak Suara, Gubernur Sulsel Optimistis Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen

17 April 2019, 11:28:47 WIB

JawaPos.com – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah ikut berpartisipasi dalam menyalurkan hak suaranya pada pemilihan umum (pemilu), Rabu (17/4). Orang nomor satu di Sulsel itu mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 42 Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea, Makassar.

TPS itu tak jauh dari kediaman pribadinya di Kompleks Perumahan Dosen Unhas Tamalanrea, Jalan Perintis Kemerdekaan. Mengenakan seragam hitam putih bersama istrinya, Liestiaty F Nurdin, ia mendatangi TPS untuk memilih pada pukul 08.00 Wita.

“Kita harap tingkat partisipasi mencapai 80 persen. Karena upaya kita sudah maksimal, melalui kepala-kepala daerah. Kalau partisipasi naik, berarti masyarakat percaya dengan penyelenggaraan pemilu,” kata Nurdin usai mencoblos.

Di TPS, Nurdin sempat menyapa sejumlah warga sebelum dan sesudah mencoblos. Usai menyalurkan hak pilih, dia berkeliling kota Makassar memantau jalannya pemilu. Di saat yang sama, 6,1 juta warga Sulsel yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) juga dijadwalkan memilih.

Diketahui, di TPS 42 memuat 229 daftar pemilih. Hingga pukul 10.00 Wita, terdapat empat pemilih tambahan yang merupakan pindahan dari TPS lain. Di TPS ini Nurdin Abdullah diprioritaskan dengan tak masuk daftar antrean. Usai mendaftar di panitia, dia langsung diarahkan ke bilik suara.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. (Sahrul Ramadan/ JawaPos.com)

“Kita utamakan karena sebagai kepala daerah jadwalnya padat. Dia juga katanya ingin berkeliling memantau,” ucap petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat, Abdul Khaer.

Nurdin menegaskan, daerah yang dipimpinnya dalam suasana kondusif dan aman menjelang Pemilu 2019. Meski digolongkan sebagai zona rawan, sejauh ini belum ada kejadian yang berpotensi mengganggu stabilitas. “Tadi saya monitor 24 kabupaten dan kota, sangat kondusif. Sampai H-2 tidak ada pergerakan berarti, mudah-mudahan begitu seterusnya,” ucap Nurdin.

Nurdin berharap, berbagai perbedaan agar tidak memecah belah persatuan. Usai pemilu, warga Sulsel diharapkan kembali saling berangkulan. “Mudah-mudahan kita bisa kembali bersatu untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads