alexametrics

DPR Undang Anggota Parlemen Malaysia Saksikan Pemilu 2019

17 April 2019, 12:15:24 WIB

JawaPos.com – DPR RI mengundang anggota parlemen negara-negara sahabat untuk menyaksikan langsung proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Tanah Air. Salah satunya adalah Hassan Abdul Karim perwakilan parlemen dari Malaysia.

Dia berada di Indonesia sejak kemarin, pada Selasa (16/4). Hassan mengatakan, dia bersama anggota parlemen dari negara lainnya datang ke Indonesia untuk melihat jalannya pesta demokrasi di Indonesia.

“Kami gembira melihat pemilu terbesar yang juga kompleks, tidak mudah untuk wilayah yang sangat besar,” katanya kepada awal media saat mengunjungi TPS 01 di Widya Chandra, Senayan, Jakarta Selatan pada Rabu (17/4).

Apalagi, tambahnya, ini pemilu yang dilakukan serentak pertama kalinya di Indonesia. Dia juga mengatakan, pemilu Indonesia adalah pemilu ketiga terbesar setelah India dan Amerika Serikat (AS).

“Ini pemilu dilakukan satu hari, banyak yang menarik yang dapat kami pelajari juga. Contohnya, di sini tidak ada polisi yang berjaga, semua dari KPU dan rakyat yang mengendalikan di bawah KPU,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi adanya Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) yang menangkap orang-orang yang melakukan serangan fajar atau dia menyebutnya money politic. Selain itu, dia juga mengapresiasi bawaslu yang berada di negara lain termasuk di Malaysia. Salah satu contoh kasusnya adalah ketika ada dugaan surat suara yang dicoblos di Kuala Lumpur, Malaysia beberapa hari lalu.

“Saya nggak mau banyak komentar karena itu wilayah kedutaan. Tapi dari kasus itu memperlihatkan bahwa Bawaslu bertindak cepat,” katanya.

“Kalau di Malaysia, ya, sudah lanjut saja, kalau tidak setuju ajukan petisi Pemilu di Mahkamah Pilihan Umum disertakan bukti. Tapi di Indonesia dari awal sudah bertindak,” tutupnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum