alexametrics

72 Penyandang Difabel PSBD Wirajaya Makassar Ikut Nyoblos

17 April 2019, 14:46:01 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 72 penyandang difabel Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Wirajaya Makassar ikut menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019, Rabu (17/4). Mereka mencoblos di TPS 09 Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakkukang.

Difabel yang memilih merupakan bagian dari 263 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS yang berlokasi di halaman panti ini. “Soal aksesibilitas para difabel sama sekali tidak ada masalah. Termasuk semua teknisnya, perangkat logistik semua aman dan sudah disiapkan,” kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 09, M Dawam saat ditemui di selsela pencoblosan.

Dawam menerangkan, difabel yang memilih adalah mereka yang masuk dalam kategori difabel daksa atau cacat fisik. Teknisnya dalam menyalurkan hak suara, mereka didampingi oleh petugas khusus. “Petugas kami juga alhamdulillah tidak ada kendala. Tapi petugas tidak sampai lihat apa yang mereka coblos. Kecuali memang ada yang tidak bisa, baru kami bantu sampai ke bilik,” terangnya.

Petugas bekerja sesuai dengan SOP penyelenggaraan pemilu. Petugas membimbing para difabel mulai dari pembukaan kertas, coblos, kemudian melipat kembali, hingga memasukkan ke kotak suara yang tersedia. Dari puluhan difabel, hanya terdapat satu tunanetra yang juga ikut menyalurkan hak suara di TPS ini.

“Iya hanya kategori surat suaranya yang beda. Karena pakai braile. Mereka dituntun sampai selesai dan dimasukkan ke kotak suara,” tambahnya.

Terpisah, Asty, 18, salah satu difabel daksa yang ditemui usai pencoblosan mengaku tidak begitu kesulitan dalam menyalurkan hak suaranya. Tahun ini adalah kali pertama perempuan ini ikut berpartisipasi dalam pemilihan. “Karena kan sudah ada petugasnya juga, tadi membimbing sampai selesai. Jadi bisa tahu bagaimana caranya,” ucapnya.

Asty berharap pemilu tahun-tahun mendatang teteap bisa memprioritaskan penyandang difabel. “Mudah-mudahan saja. Karena kami kan sama-sama punya hak suara, bisa disalurkan sampai selesai,” pungkasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads