alexametrics

Puti Dukung Pembangunan Bendung Gerak Sembayat

17 April 2018, 23:17:28 WIB

JawaPos.com– Calon wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mendukung penuh program pemerintah pusat. Salah satunya program nasional pembangunan Bendung Gerak Sembayat (BGS). Puti meninjau langsung proyek yang terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, serta Desa Karangbinangun dan Desa Gawerejo, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Selasa (17/4).

Puti menilai, keberadaan BGS sangat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur, terutama warga Gresik dan Lamongan. Sebab BGS punyai daya tampung untuk keperluan penyedian air baku sebanyak 10 juta meter kubik. “Bendung Gerak Sembayat ini memiliki fungsi yang sangat penting, vital untuk kesejahteraan rakyat Jawa Timur. Air bakunya bisa untuk industri juga untuk irigasi,” ucap Puti.

Namun, yang paling penting di mata Puti, Bendung Gerak Sembayat tersebut dibangun untuk menanggulangi banjir. “Bendungan ini juga mengatur banjir. Karena ketika banjir, artinya kemudian mempengaruhi sistem panen dan tanam dari petani sekitar,” ujar cucu Bung Karno tersebut.

Saat disinggung mengenai wilayah teluk lamong sering terjadi musibah bencana banjir, Puti mengaku bahwa hal itu memang harus dikendalikan. Terutama mencegah air laut meluap ke daratan.

Selain itu, BGS juga mengatur sistem intrusi air laut untuk para petani tambak. Terutama kalau air laut tidak bisa diatur, air bisa masuk terlalu banyak.

Hal tersebut akan berdampak vital. “Dampaknya akan membuat gagal panen dari petani tambak. Artinya dari fungsi bendungan ini juga sangat penting untuk kesejahteraan rakyat, juga industri di sekitarnya,” ungkap cawagub nomor urut dua tersebut.

Keberadaan BGS juga memberikan kontribusi air baku domestik. “Kalau air baku domestik ini tentunya harus ditampung, kemudian ada water treatmentnya, setelah itu disalurkan ke masyarakat,” paparnya

Sebagai rakyat, Puti ingin melihat langsung perkembangan pembangunan proyek nasional tersebut. Apabila terpilih, secara otomatis komunikasi dengan pusat akan terjalin. “Kalau bicara upaya apa yang dilakukan, Insya Allah kalau saya terpilih bersama Gus Ipul, tentunya akan ada koordinasi. Komunikasi dengan pemerintah pusat, tentunya Pak Jokowi mengenai proyek ini,” tutur Puti.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Puti Dukung Pembangunan Bendung Gerak Sembayat