alexametrics

Harlah PMII ke-58, Khofifah: Be Yourself And do The Best

17 April 2018, 14:05:18 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat Hari Lahir (Harlah) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ke-58 yang dirayakan setiap tanggal 17 bulan April.

Khofifah sendiri merupakan mantan Ketua Pengurus Cabang (PC) PMII Kota Surabaya pada tahun 1986 dan saat ini satu-satunya alumni PMII yang maju dalam gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

“Selamat ulang tahun Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia. Salam pergerakan!,” kata Khofifah usai blusukan ke pasar Pucang, Surabaya, Selasa, (17/4).

Harlah PMII ke-58, Khofifah: Be Yourself And do The Best
Khofifah Indar Parawansa saat berada di los pisang, Pasar Pucang, Surabaya, Selasa (17/4) (istimewa)

Menurut Khofifah, PMII merupakan wadah kegiatan serta basis perjuangan mahasiswa dan generasi muda Nahdlatul Ulama (NU). Selama berproses di PMII, dirinya mendapatkan banyak pengalaman termasuk keilmuan. Bahkan, Khofifah mengaku karir politiknya selama ini berkat proses panjangnya di PMII.

“Saya salah satu kader yang merintis proses pergerakan di PMII, saya merasa dibesarkan oleh PMII,saya ketua Umum PMII cabang perempuan pertama di Indonesia,” ungkap Khofifah.

Khofifah lantas menceritakan proses perjuangannya hingga terpilih menjadi satu-satunya ketua cabang PMII perempuan di Indonesia. Kala itu, kepemimpinan perempuan di PMII masih menjadi perdebatan. Namun, berkat keualetan serta komunikasi yang baik Khofifah, para senior dan alumni PMII bisa menerima dengan baik terpilihnya Khofifah.

“Waktu itu resistensi dari banyak senior juga cukup tinggi. Tapi saya mencoba membangun komunikasi betul-betul komunikasi sangat komprehensif sehingga pada akhirnya para senior dan bahkan alumni yang resisten terhadap kepemimpinan perempuan di PMII akhirnya kemudian bisa membangun suatu kesepahaman kesepakatan dan bisa dengan baik,” ceritanya.

Tidak berhenti disitu, setelah sukses meminpin PC PMII Surabaya, Khofifah melanjutkan karir organisasinya hingga tingkat pusat. Dimasa Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PMII Iqbal Assegaf periode 1988-1991, Khofifah terpilih menjadi ketua Korp PMII Puteri (Kopri)

“Saya sampai dengan ketua PB PMII Kopri jaman almarhum Iqbal Assegaf,” pungkasnya.

Selain memberikan ucapan selamat, mantan Ketua Pengurus Cabang (PC) PMII Kota Surabaya ini berharap kepada seluruh kader PMII diseluruh tanah air agar terus berjuang untuk memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia.

“Saya berharap bahwa PMII tetap membawa visi-misi progsifitas membangun negeri dengan seluruh produktivitas yang mereka bisa lakukan sebagai seorang mahasiswa. Sisi kemahasiswaan berarti ada nilai-nilai akademik yang harus diperjuangkan nilai objektivitas. Dan saya berharap bawah meskipun aktif di pergerakan tapi akademik wajib dan tetap terjaga,” kata Khofifah usai blusukan di pasar Pucang, Surabaya, Selasa, (17/4).

Selain itu, Ketua Umum Muslimat NU ini juga berharap agar seluruh kader serta alumni PMII tetap memperjuangkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jamaah sebagaiman juga diajarkan di PMII.

“Dimana menjaga keislaman Ahlussunah Jal Jamaah dan bagaimana menjaga keindonesiaan, merah putih harga mati dengan seluruh produktivitas dan energi positif yang dimiliki oleh PMII,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini pula, Mantan Menteri Sosial (Mensos) 2014-2018 ini berpesan kepada seluh kader PMII agar memiliki prinsip serta pendirian yang kuat. Selain itu, para kader PMII juga harus gigih dalam memperjuangkan cita-citanya.

“Untuk seluruh kader PMII dimanapun berada, baik yang masih studi di dalam negeri maupun di luar negeri, be yourself and do the best (Jadilah dirimu sendiri dan lakukan yang terbaik,” pesan Khofifah.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Harlah PMII ke-58, Khofifah: Be Yourself And do The Best