alexametrics

Sandi Janji Budaya Tak Hanya Dijaga Tapi Disulap Jadi Iklim Ekonomi

17 Maret 2019, 22:37:45 WIB

JawaPos.com –  Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Uno bakal menjadikan sosial budaya menjadi program prioritas. Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan dalam kebudayaan yang bukan hanya dilestarikan, namun dikembangkan menjadi iklim ekonomi.

“Pada 1961 Bung Karno bertemu Menteri Pertahanan Amerika Serikat. Saya mengutipnya ‘tuan mungkin punya bom atom kami punya seni budaya yang tinggi’. Indonesia didaulat sebagai negara adidaya yang punya kebudayaan yang tinggi,” ujar Sandi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Sandi menyebutkan anggaran dan infrastruktur sosial budaya masih kurang. Menurutnya, dari sisi kemitraan, masih banyak kesempatan untuk membuka akses pengembangan ekonomi berbasis budaya.

Sandi menjelaskan, jika pemerintah serius berpihak pada kebudayaan dapat bermitra secara akademis melalui perguruan tinggi atau universitas untuk lebih mencintai budaya. “Akan muncul ekonomi berbasis kebudayaan seperti ekonomi kreatif dan pariwisata,” tegasnya.

Selain itu, Sandi menambahkan, jika pihaknya terpilih nanti, bukan hanya berfokus pada anggaran untuk pengembangan budaya. Pemerintah harus berkolaborasi dengan banyak pihak seperti dunia usaha, pendidikan, dan lembaga swadaya masyarakat untuk memberikan kontribusi terhadap ekonomi Tanah Air.

“Kalau melihat pandangan yang holistik pengembangan budaya menjadi prioritas bukan hanya bisa melestarikan tapi menciptakan letupan ekonomi berbasis budaya,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sandi Janji Budaya Tak Hanya Dijaga Tapi Disulap Jadi Iklim Ekonomi