alexametrics

Punya Cara Berbeda Beri Dukungan

17 Februari 2019, 09:30:26 WIB

JawaPos.com – Menghadapi debat kedua, para cawapres kali ini bisa lebih santai dan berfokus pada kegiatan kampanye masing-masing. Kendati begitu, mereka akan tetap hadir di Hotel Sultan meskipun harus duduk di bangku penonton.

Kedua cawapres kemarin (16/2) sama-sama menjalani aktivitas kampanye di luar Jakarta. Cawapres 01 KH Ma’ruf Amin mengakhiri tur Jawa Barat kemarin. Dia mengunjungi Purwakarta dan Cimahi.

Sedangkan cawapres 02 Sandiaga Uno menjalani tur di Jawa Timur (Jatim). Selain menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng, dia hadir dalam kegiatan Surabaya YES 2019 di DBL Arena.

Punya Cara Berbeda Beri Dukungan
Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Abdul Kadir Karding menjelaskan, secara khusus Ma’ruf Amin tidak terlalu terlibat dalam persiapan debat. “Secara khusus tidak ada yang terjadwal, seperti diskusi khusus untuk memberikan masukan,” terangnya saat dikonfirmasi kemarin.

Namun, ada bentuk dukungan lain yang diberikan Ma’ruf kepada Jokowi. Secara personal, Jokowi-dan Ma’ruf kerap berkomunikasi langsung dengan intens meski tanpa melibatkan TKN. Misalnya melalui sambungan telepon. Salah satu bentuk dukungan nyata Ma’ruf nanti adalah kehadirannya di arena debat meski hanya sebagai penonton.

Sehari menjelang perhelatan debat malam nanti, cawapres 02 Sandiaga Uno kemarin menjalani sejumlah kegiatan di Surabaya. Dia mengaku memiliki “bahan baru” untuk menghadapi debat kedua itu.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga setelah menjadi salah seorang pembicara dalam perhelatan Young Entrepreneurship Summit (YES) 2019 di DBL Arena. “Setelah ini saya langsung ke Jakarta. Untuk bersinergi dengan teman-teman dari dewan pakar,” katanya kemarin sore.

Sandi -sapaan akrab Sandiaga Uno- bersama dewan pakar juga bakal menyampaikan masukan terakhir menjelang debat kepada capres Prabowo Subianto. “Masih ada waktu lebih dari 24 jam dari sekarang hingga debat,” katanya.

Meski tidak membeber secara terperinci materi yang disiapkan dalam debat nanti, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, hasil safarinya di Jatim menghasilkan tema baru yang akan diusung. “Konsep energi baru dan terbarukan yang baru kami dapat dari kunjungan di Jatim ini akan kami formulasikan sebagai bahan,” katanya.

Berbeda dengan para cawapres, kedua capres kemarin menjalani aktivitas di Jakarta dan Bogor. Jokowi menerima CEO Bukalapak Achmad Zaky. Pertemuan tersebut digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Jokowi juga menyampaikan, UMKM perlu didorong pula supaya masuk ke marketplace seperti Bukalapak.

Pertemuan tersebut tak terlepas dari twit “keceplosan” di akun Twitter milik Zaky. Pada cuitannya itu Zaky membuka data anggaran riset dan pengembangan di sejumlah negara. Sehingga menunjukkan anggaran riset Indonesia rendah. Kemudian, di bagian akhir kicauannya, Zaky menuliskan: mudah-mudahan presiden baru bisa naikin.

Jokowi menyatakan harus bijak dan matang dalam bersikap. Dalam setiap peristiwa apa pun. Untuk itu, Jokowi menyerukan dan mengajak menghentikan tagar #uninstallbukalapak.

Di saat yang sama, Prabowo juga bertemu dengan sejumlah pakar untuk me-refresh materi menjelang debat malam nanti. Setelah berkutat dengan paparan dan diskusi panjang rutin setiap pekan. Prabowo hendak memastikan solusi-solusi yang dia tawarkan bisa dikemas dengan lebih baik.

Beberapa jam sebelumnya, Prabowo mengikuti senam pagi di kediamannya di Hambalang, Bogor, setelah malam sebelumnya kembali dari Semarang. Para ibu dari berbagai kalangan tumpah ruah di halaman rumah Prabowo dan menggelar kegiatan senam bersama. Diiringi lagu Gantian Dong yang menjadi salah satu lagu untuk mengampanyekan Prabowo-Sandi. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (byu/wan/ris/c9/git)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Punya Cara Berbeda Beri Dukungan