alexametrics
Pilpres 2019

Prabowo: Kita Harus Lebih Galak Kejar Pelaku Pencemaran Lingkungan

17 Februari 2019, 22:08:18 WIB

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bicara mengenai persoalan areal tambang yang telah menyebabkan masalah lingkungan hidup. Salah satunya mengenai peninggalan bekas lubang tambang yang banyak dilakukan oleh perusahaan besar.

Menurut Prabowo, persoalan ini telah menjadi pekerjaan rumah dari tahun ke tahun yang belum juga terselesaikan. Namun, kata dia, pemerintah seolah berkolusi dengan para perusahaan besar.

“Sehingga kalau perusahaan swasta itu meninggalkan lubang yang sudah ditutup, akhirnya akan lolos. Dia tidak akan dikejar dan ditindak,” kata Prabowo dalam debat kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Kendati demikian, Prabowo mengamini bahwa masalah ini juga merupakan warisan pemerintahan sebelumnya. Bagi dia, masalah ini bisa dapat selesai, jika pemerintah dapat menindak tegas setiap pelaku perusakan lingkungan.

“Jadi, situasi yang dibutuhkan adalah suatu pemerintah yang tegas, yang berani untuk menindak. Tetapi kita juga tahu banyak perusahaan yang tidak ada di Indonesia. Dia sudah ekspolitasi. Ini repot. Bisa kita kejar melalui pengadilan internasional,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya menghargai upaya pemerintahan Jokowi menuntaskan masalah perusakan lingkungan tersebut. Namun, kata dia, pemerintahan harus lebih berani lagi melawan perusahaan besar yang telah merusak lingkungan.

“Kita waspadai ada perusahaan besar multi nasional, merasa kuat, di atas hukum, dia tidak takut pemerintahan Indonesia. Dia berbuat seenaknya. Ini dialami beberapa tempat. Siapapun kita harus lebih galak lagi mengejar pelanggar pencemar lingkungan hidup yang tidak menaati ketentuan dan dia harus melaksanakan (aturan hukum),” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Igman Ibrahim

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Prabowo: Kita Harus Lebih Galak Kejar Pelaku Pencemaran Lingkungan