alexametrics
Pilpres 2019

Jokowi: Salah Besar Pak Prabowo Anggap Infrastruktur Dibangun Tanpa FS

17 Februari 2019, 20:55:46 WIB

JawaPos.com – Capres 01 Joko Widodo membantah pemikiran Prabowo Subianto bahwa infrastruktur yang dibangun selama empat tahun terakhir dibangun tanpa studi kelayakan (feasibility study/FS). Jokowi menegaskan, infrastruktur yang telah dibangun saat ini sudah direncanakan sejak lama. 

“Kalau tadi Pak Prabowo menyampaikan (infrastruktur) dibangun tanpa feasibility study, salah besar. Ini sudah direncanakan sejak lama,” jawab Jokowi tanggapi Prabowo.

Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, bukan hanya studi kelayakan. Infrastruktur yang dibangun juga telah melelui tahapan Detail Engineering Design (DED).

Namun, lagi-lagi menjawab pertanyaan Prabowo, Jokowi mengatakan infrastruktur yang dibangun itu membutuhkan waktu agar ramai digunakan masyarakat. Jokowi mencontohkan light rapid train (LRT) Palembang dan Bandara Kertajati misalnya.

“Semuanya butuh waktu. Memindahkan budaya yang senang naik mobil sendiri kemudian masuk transportasi massal, yang saya pelajari di negara lain butuh 10-20 tahun. Artinya, kalau belum ramai, wong baru 4 bulan-6 bulan,” jelas petahana.

Demikian juga dengan Bandara Kertajati. Menurutnya, ketika konektivitas tol sudah rampung, bandara itu nantinya juga akan ramai oleh pengguna jasa transportasi udara.

“Begitu tol nyambung, Bandung Airport akan dipindahkan ke Kertajati,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Uji Sukma Medianti

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Jokowi: Salah Besar Pak Prabowo Anggap Infrastruktur Dibangun Tanpa FS