alexametrics
Debat Capres Kedua

Jokowi: Prabowo di Kaltim dan Aceh Punya Ribuan Hektare Tanah

17 Februari 2019, 21:52:27 WIB

JawaPos.com – Dalam debat kedua capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengkritik Jokowi selama empat tahun kepemimpinannya membagi-bagikan sertifikat tanah.

‎”Kami punya pandangan strategis yang berbeda-beda yang dilakukan oleh Pak Jokowi menarik dan populer, untuk satu dua generasi. Tapi tanah tidak tambah, tapi bangsa Indonesia tambah. Setiap tahun kurang lebih 3,5 juta,” ujar Prabowo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Sehingga apabila Jokowi terus membagi-bagikan sertifikat tanah. Maka lama-lama tanah akan habis. Sehingga generasi selanjutnya tidak bisa memiliki tanah.

Jokowi: Prabowo di Kaltim dan Aceh Punya Ribuan Hektare Tanah
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana saat datang dalam acara debat capres kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

“Jadi kalau bapak bangga dengan 12 juta, 20 juta lahan. Kita tidak punya lagi lahan untuk kita bagi. Jadi bagaimana nanti masa depan anak cucu kita. Jadi kami stretaginya berbeda. Kami strateginya. Adalah UUD 1945 Pasal 33, isinya bumi dan air dan kekayaan alam dikuasi oleh negara,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi ‎mengaku lahan yang ia bagikan hanya untuk ke rakyat miskin. Bukan untuk yang para orang kaya. Sehingga yang dilakukannya adalah untuk ‘wong cilik’

“Rakyat yang sudah saya sampaikan hampir 2,6 juta produktif, dan sekali lagi kita tidak memberikan kepada yang gede-gede,” tegasnya.

Bahkan Jokowi menyindir Prabowo Subianto yang memiliki lahan besar di Kalimantan TimUr dan juga di Aceh Tengah. Bahkan jumlahnya tidak sedikit. Sehingga kenapa bisa Prabowo mendapatan lahan sebesar itu.

“Saya tahu Pak Prabowo‎ memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Gunawan sutanto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jokowi: Prabowo di Kaltim dan Aceh Punya Ribuan Hektare Tanah