alexametrics
Pilpres 2019

Benahi Kelautan dan Perikanan RI, Prabowo Janji Bangun BUMN Khusus

17 Februari 2019, 22:31:25 WIB

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, masih banyak masalah dalam pengelolaan sumber daya maritim di Indonesia. Misalnya, kata Prabowo, minimnya akses pada nelayan kecil terhadap teknologi.

“Para nelayan miskin itu tidak punya akses kepada teknologi. Tidak punya akses kepada kapal, modal, dan dibatasi oleh peraturan yang sangat membatasi kemampuan nelayan kecil untuk melaut dan untuk melaksanakan pekerjaannya,” kata Prabowo dalam debat kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Mantan Danjen Kopassus itu juga mengatakan, masalah-masalah tersebut ia dengar ketika berkunjung ke berbagai daerah. Memang, kata Prabowo, mungkin agak sedikit berbeda dari laporan yang diterima oleh Jokowi dari para pembantunya.

“Saya hanya ingin menyampaikan bahwa nelayan miskin dan kecil itu sangat berat kehidupannya. Mungkin laporan ke bapak mungkin bagus-bagus. Tapi biasanya di republik ini biasa dari dulu. Kita udah lama jadi Indonesia. Laporannya bagus, bagus, bagus. Tapi laporannya (yang saya terima) beda dengan bapak,” terangnya.

Atas dasar itu, Prabowo berjanji pemerintahannya kelak akan hadir untuk membenahi bidang kemaritiman. Salah satu caranya, dengan membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khusus di bidang kelautan dan perikanan.

“Kami akan membuat BUMN-BUMN khusus di bidang laut dan perikanan. Mengorganisasi nelayan. (Mereka akan) dilatih, diberikan alat, diberikan sarana dan pemasarannya dibantu oleh pemerintah,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Igman Ibrahim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Benahi Kelautan dan Perikanan RI, Prabowo Janji Bangun BUMN Khusus