alexametrics

Partai Pengusung AHY-Sylvi Diprediksi Bergabung ke Kubu…

17 Februari 2017, 07:30:48 WIB

JawaPos.com – Pengamat Politik dari Indo Barometer, Muhammad QOdari menilai partai pengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal menjadi penentu pemenang Pilkada DKI di putaran kedua nanti. Menurut Qodari, arah dukungan partai yang sebelumnya mendukung Agus-Sylvi, bisa menjadi faktor penting kemenangan paslon. 

“Paling menarik melihat kemana partai pendukung Agus akan lari. Karena mereka tidak hanya akan memberikan nuansa dan warna. Tapi juga aksi dan gerakan di lapangan. Mereka akan mengandalkan tokoh-tokoh, kan di putaran kedua tidak ada kampanye lagi,” kata Qodari dalam forum diskusi ICMI di Gedung Euro Management di Jalan RP Soeroso, Jakarta Pusat, Kamis (16/2).

Qodari mengatakan lobi-lobi politik akan lebih berperan dalam putaran kedua mendatang. Ia menganggap tokoh tersebutlah yang akan menggerakkan massa dari masing-masing partainya.

“Jadi yang berjalan itu adalah di lapangan, proses di bawah tangan. Kalau bicara begini kita bicara para aktivis, elit politik mereka yang menggerakkan massa dengan lobi dan menulis agenda-agenda,” katanya.

Qodari mengatakan suara dari Partai Demokrat hampir dipastikan akan menuju pasangan Anies-Sandi. PPP, PKB, dan PAN, menurut Qodari, akan menentukan suara kepada masing-masing pasangan.

“Demokrat mungkin karena hubungan dengan PDI Perjuangan tidak begitu bagus, lalu kemudian terjadi serangan-serangan tweet maka akan sulit kecenderungannya ke Ahok-Djarot. Demokrat mungkin bergabung dengan Anies-Sandi,” katanya.

“Tapi kalau ke PPP, PKB, PAN mereka notebene koalisi pemerintahan bisa jadi mungkin saja bergabung dengan pasangan Ahok-Djarot. Tapi mereka ini adalah partai Islam. Jadi mereka akan menentukan tone nada kampanye yang akan datang,” sambungnya.

Qodari juga menganggap suara masyarakat pemilih Agus akan terbelah. Faktor kinerja dan ikatan emosional akan menjadi pendorong beralihnya suara masyarakat.

“Kalau dari aspek masyarakat kecenderungannya suara Agus lebih pada ikatan emosi, itu pasti akan lari ke Anies. Tetapi kalau dari kepuasan kinerja boleh jadi akan ke Ahok. Tapi dari aspek masyarakat saya melihat ini tergantung partai politik ke mana suara dari Agus akan berlabuh,” jelasnya.(prs/rmol/mam/JPG)

Editor : Imam Solehudin


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Partai Pengusung AHY-Sylvi Diprediksi Bergabung ke Kubu...