alexametrics

Setelah Lepas Mensos, Ini Yang Harus Dilakukan Khofifah

17 Januari 2018, 14:02:53 WIB

JawaPos.com — Setelah resmi melepas jabatan Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawasa diharapkan bisa segera fokus pada pencalonannya sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Khofifah yang berpasangan dengan Emil Elestianto Daradak sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) bisa segera melakukan konsolidasi secara massif setalah sebelumnya direpotkan dengan posisinya sebagai Mensos.

“Kalau kemarin kan masih ada beban pekerjaan yang belum selesai. Kalau sekarang bu Khofifah bisa benar-benar landing di Jawa Timur dan melakukan konsolidasi kekuatan pendukungnya untuk segera merumuskan strategi pemenangan,” kata pengamat Politik daru Universitas Airlangga (Unair) Surabaya saat dihubungi JawaPos.com, Rabu, (17/1).

Selain itu, lanjut Airlangga, Khofifah saat ini bisa dengan leluasa melakukan pemetaan sekaligus menguasi teritorial masing-masing wilayah di Jawa Timur. Hal itu itu sangat penting sebelum menentukan strategi pemenangan.

“Saya lihat bahwa ini adalah waktunya mulai fokus dan serius untuk tutun ke bawah untuk melakukan pemetaan,” lanjut pria yang juga CEO The Initiative Institute itu.

Kendati semua wilayah penting, Namun, Airlangga menyaranakan Ketua Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama itu bisa memprioritaskan wilayah tapal kuda meliputi, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso dab Banyuwangi.

“Seluruh wilayah tentunya penting. Tapi kalau melihat skala prioritas, dukungan bu Khofifah kan kuat di tapal kuda, itu yang harus menjadi prioritas awal sebelum ke wilayah lain untuk mengamankan dukungan politik yang sudah didapatkan sebelumnya,” bebernya.

Wilayah lain yang tak kalah penting kata Airlangga yakni wilayah Madura, meliputi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Mengingat pada pelaksanana dua pilgub sebelumnya suara Khofifah selalau bermasalah diwilayah itu.

“Selanjutnya, mengamankan daerah Madura, yang mana sering terjadi kontoversi dan sulit ditebak orientasi politiknya. Setalah itu wilayah Arek. Kalau mataraman ada Emil disitu,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur telah menerima dua pasangan Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur yang akan maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Masing masing pasangan calon yakni, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak yang diusung Partai Demokrat, partai Golkar, partai NasDem, partai Hanura, PAN dan PKPI. Sementara calon kuat lainnya adalah Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno yang diusung PKB, PDI Perjuangan, partai Gerindra dan PKS.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Setelah Lepas Mensos, Ini Yang Harus Dilakukan Khofifah