alexametrics

Rico Marbun: Masyarakat Solo Berharap Gibran seperti Jokowi

16 Desember 2019, 15:19:16 WIB

JawaPos.com – Terjunnya Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi, ke kancah politik memberikan warna baru di kontestasi Pilwali Solo 2020. Ada sejumlah harapan dan kerinduan dari warga setempat terhadap suami Selvi Ananda itu.

Dari survei yang digelar Median, ada sejumlah potret menarik terhadap pengusaha martabak tersebut. Direktur Utama Median Rico Marbun mengatakan, responden yang berasal dari Solo memilih Gibran. Mereka berharap Gibran bisa seperti sang ayah, Jokowi, yang dulu pernah menjadi memimpin Kota Solo.

“Berharap Gibran jadi seperti Jokowi. Itu penilaian 41,3 persen responden,” ujar Rico Marbun dalam konfrensi pers di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (16/12).

Ada sejumlah penilaian lain dari responden terhadap Gibran. Yakni sosok muda (19,4 persen); bakal membawa perubahan (14‎,7 persen); dan mampu memimpin Solo (7,4 persen).

Rico menyebut, warga memang antusias dan menilai positif terhadap majunya putra sulung Presiden Jokowi itu ke Pilkada 2020.

“Responden ada menilai Gibran itu pekerja keras 2,5 persen; kreatif dan kinerja bagus sebesar 2,5 persen. Sisanya adalah kinerja bagus, asli solo dan aktif penilaian responden sebesar 2,5 persen,” ungkapnya.

Adapun survei tersebut mengambil sampel 800 responden. Margin of error sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang dijadikan sampel adalah seluruh warga Indonesia. Pelaksanaan survei berlangsung dari 3-9 Desember 2019.

Sebelumnya Gibran sudah melakukan pendaftaran ke DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Hingga saat ini status Gibran masih bakal calon wali kota. PDI Perjuangan pun belum memutuskan siapa calon yang diusung di Pilwali Solo. Upaya dari Gibran untuk bisa maju terlihat dari gerakan politik sejak beberapa bulan lalu. Yakni sudah sowan ke kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jakarta.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads