alexametrics

Survey PRC: DJOSS Butuh 13 Persen Suara untuk Menangi Pilgub Sumut

16 April 2018, 22:10:36 WIB

JawaPos.com – Politika Research Center (PRC) merilis hasil survey persepsi publik Sumatera Utara (Sumut) kepada sosok pasangan Calon Gubernur Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS) dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS), Senin (16/4) di Medan. Dalam survey yang dilaksanakan sejak Maret lalu, pasangan ERAMAS lebih unggul dari pasangan DJOSS.

Survey yang dilakukan menyoroti kemampuan, karakteristik dan kepribadian Cagub-Cawagub Sumut. Ada tiga aspek yang menjadi pembahasan utama survey yang melibatkan 1.000 responden dengan margin error sebesar 3,2 persen. Sama seperti lembaga lainnya, survey menggunakan metode Multistage Random Sampling.

Direktur Riset pada Politika Research Center Rio Prayogo mengatakan, aspek kemampuan yang diteliti berkaitan dengan penyelesaian ketimpangan sosial; pengentasan kemiskinan; perbaikan infrastruktur; penanggulangan premanisme; peningkatan pendapatan asli daerah (PAD); pengelolaan APBD; peningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan; perwujudan tata kelola pemerintahan yang bersih; peningkatan kemandirian dan daya saing daerah dan serta pengalaman dalam memimpin pemerintahan.

“Sedangkan aspek karakteristik menyoroti “ciri khas” pasangan Cagub-Cawagub dalam hal menghargai perbedaan; adil dan mampu merangkul semua pihak; menguasai masalah pembangunan; dapat dipercaya; rendah hati dan mengayomi masyarakat; berpengalaman dalam memimpin; kaya gagasan dalam memajukan daerah dan keserasian dan kesalingmelengkapian sebagai pasangan Cagub-Cawagub,” kata Rio, Senin (16/4).

Sementara kepribadian yang dimaksud meliputi sikap jujur dan anti korupsi, bijaksana dan tegas dalam mengambil keputusan. Selanjutnya ramah dan komunikatif kepada masyarakat, sederhana dalam hidup, dan mudah diminta menghadiri acara yang dibuat masyarakat

“Dari tiga aspek di atas, survei ini menemukan bahwa pasangan Cagub Cawagub yang diharapkan masyarakat Sumut adalah Cagub-Cawagub yang tegas dan berpengalaman dalam memimpin pemerintahan. Masyarakat Sumut merindukan pemimpin yang memiliki kemampuan, karakteristik sekaligus kepribadian yang baik untuk perubahan Sumut yang lebih baik,”paparnya.

Survei mereka, kata Rio juga mengungkapkan bahwa, dari segi kemampuan tiga hal yang menjadi kelebihan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS). Yakni mampu menjaga Kamtibmas dan menanggulangi premanisme; mampu menyelesaikan ketimpangan sosial dan mengentaskan kemiskinan; serta mampu menjaga pluralisme dan kemajemukan.

Sedangkan tiga hal yang menjadi kelebihan pasangan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar-Sihar Sitorus (DJOSS) yaitu, berpengalaman dalam memimpin pemerintahan; mampu memperbaiki infrastruktur; dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Dari segi karakteristik, pasangan ERAMAS dipandang sebagai pasangan yang menghargai perbedaan, adil dan merangkul semua pihak serta paling serasi dan saling melengkapi. Sementara pasangan DJOSS dinilai paling berpengalaman dalam memimpin dan paling menguasai masalah pembangunan,”tukasnya.

Adapun dari segi kepribadian, pasangan ERAMAS dinilai sebagai pasangan yang bijaksana dan tegas dalam mengambil keputusan dan dipercaya mampu membawa perubahan. Sedangkan pasangan DJOSS dipersepsikan sebagai pasangan yang ramah dan komunikatif kepada masyarakat serta sederhana dalam hidup.

Dari hasil penelitian itu ERAMAS mendapat dukungan dari publik sebesar 48,7 persen. Sedangan DJOSS hanya mendapat 38 persen. Artinya, jika ingin menang DJOSS butuh mengambil 13 persen suara lagi. 13 persen suara itu adalah, responden yang belum menentukan pilihan. Termasuk pendukung JR Saragih-Ance Selian yang gagal mencalonkan diri.

Mayoritas pemilih juga sudah mantap dengan pilihannya, dan tak lebih dari 35 persen pemilih yang mengaku mungkin mengubah pilihan atau belum menentukan pilihan. Adapun faktor yang cukup dominan mengubah pilihan publik adalah tawaran program pasangan lawan lebih meyakinkan untuk perubahan Sumut yang lebih baik.

Hal lain yang menggembirakan bagi masyarakat Sumut adalah tingginya keyakinan masyarakat akan terselenggaranya Pemilukada yang aman dan lancar.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Survey PRC: DJOSS Butuh 13 Persen Suara untuk Menangi Pilgub Sumut