KPU Riau Buka Layanan Konsultasi dan Informasi Untuk Calon Anggota DPD

16/03/2018, 22:33 WIB | Editor: Budi Warsito
Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau membuka ruang layanan konsultasi dan informasi jelang tahapan pendaftaran dan verifikasi pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) pada Pemilu 2019.

Anggota KPU Provinsi Riau Divisi Hukum dan Pengawasan Ilham Muhammad Yasir mengatakan, layanan tersebut dibuka untuk melayani masyarakat yang berminat menjadi anggota DPD RI.

"Kami ingin memberikan layanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat yang berminat menjadi calon anggota DPD. Tak hanya yang ingin jadi calon, masyarakat yang ingin tahu tentang proses pencalonan DPD pun akan kami layani," ujar Ilham yang membidangi pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD didampingi Plh Kasubag Hukum KPU Provinsi Riau Sudarsono, SH, Jumat (16/3).

Menurut Ilham, tahapannya akan diawali dengan masa pengumuman penyerahan syarat dukungan, pada tangga 26 Maret hingga 8 April.

Selanjutnya, masa penyerahan dokumen syarat dukungan pada 22 - 26 Apri. Lalu dilanjutkan dengan masa verifikasi jumlah minimal dan persebaran serta verifikasi administrasi pada 27 April - 10 Mei. Setelah itu baru memasuki masa verifikasi faktual syarat dukungan dari 30 Mei - 19 Juni 2018.

"Sekitar akhir bulan Agustus 2018 mudah-mudahan sudah terlihat peserta yang memenuhi persyaratan sebagai calon tetap peserta Pemilu 2019 dari jalur perseorangan atau DPD," tambah Ilham sambil terus mensosialisasikan tagline "KPU Melayani".

Sementara itu menurut Sudarsono, KPU Provinsi Riau memberikan layanan konsultasi dan informasi pencalonan anggota DPD di ruang bagian hukum di lantai 1 kantor KPU Provinsi Riau, Jalan Gadjah Mada No. 200 Pekanbaru.

"Setiap hari kerja, Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 - 16.00 wib," jelas Sudarsono.

Selain layanan pencalonan DPD, menurut Sudarsono, KPU Provinsi Riau juga menerima layanan informasi publik terkait informasi dan data-data yang berkaitan dengan pemilu.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi