alexametrics
Pilpres 2019

Berikut Jadwal Debat Capres-Cawapres Pilpres 2019

Usulan KPU RI Dipertimbangkan Kedua Kubu
15 Desember 2018, 21:30:16 WIB

JawaPos.com – Kampanye Pilpres 2019 hanya menyisakan waktu empat bulan terakhir. Rencananya, debat capres-cawapres sendiri akan digelar awal tahun depan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), Arief Budiman mengatakan, telah memberikan usulan tanggal debat kepada kedua pasangan calon yang ada. Debat rencananya akan dilaksanakan sebanyak lima kali.

“Kami sudah menawarkan opsinya, 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, 30 Maret, dan 13 April,” ujar Arief di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (15/12).

Sementara itu, terkait lokasi debat, KPU mengusulkan diselenggarakan di dua kota, yaitu di Jakarta dan di Surabaya. Namun, sepertinya terkait lokasi mendapat penolakan dari kedua koalisi, dengan alasan jarak yang cukup jauh.

“KPU mengusulkan dua kota, Jakarta dan Surabaya. Tetapi kemarin kedua tim menyampaikan kemungkinan agak riskan kalau harus Jakarta-Surabaya,” imbuh Arief.

Saat ini, usulan KPU ini sudah masuk ke internal kedua koalisi. Usulan tersebut kemudian akan dipertimbangkan oleh masing-masing kubu.

Arief merencanakan akan kembali menggelar pertemuan dengan kedua koalisi pada 19 Desember mendatang. Diharapkan dalam pertemuan mendatang, sudah bisa diambil keputusan bersama terkait pelaksanaan debat capres-cawapres.

“Kami akan bertemu lagi tanggal 19 (Desember) untuk memastikan bahwa itu semua sudah diterima. Maka (setelah itu, Red) kami buat keputusannya, dan kami tinggal jalankan saja,” pungkas Arief.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
Berikut Jadwal Debat Capres-Cawapres Pilpres 2019