alexametrics

Ramai-ramai Bantah Ada Eksodus WNI

15 April 2019, 18:26:45 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjamin, tidak ada kerusuhan saat Pemilu 2019. Ia bahkan membantah isu WNI berbondong-bondong ke luar negeri karena takut Indonesia ricuh saat pemilihan umum.

“Setelah kami teliti dan memberikan penjelasan, maka dari laporan memang tidak terjadi eksodus itu,” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4).

Ia menjelaskan, grafik mingguan WNI yang pergi ke luar dan ke dalam negeri dalam kondisi stabil atau tak ada lonjakan. Malah bisa dibilang, lebih banyak yang kembali untuk berpartisipasi memakai hak suaranya pada Pemilu 2019.

“Tak ada eksodus. Yang masuk 74 ribu, yang keluar 70 ribu. Banyak masyarakat yang sangat antusias memberikan hak suaranya yah,” sebut Wiranto.

Ia pun meminta masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendatangi tempat pemungutan suara (TPS). Sebab seluruh warga akan dijaga keamanan dan kebebasannya. “Sekali lagi kami mengharapkan masyarakat untuk tidak ragu datang ke TPS,” pinta Wiranto.

Bersandingan dengan itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, selama enam bulan masa kampanye, tidak terjadi gangguan yang signifikan.

Memang ada beberapa dinamika seperti di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan penindakan operasi teror di Sumatera Utara serta Jawa Barat. Namun, semua itu dapat ditangani dengan baik.

Menurutnya situasi sejauh ini yang terbilang aman ditandai dengan semua kegiatan pemerintah dan masyarakat berjalan lancar. Lalu, tidak terjadinya perpindahan atau mobilitas masyarakat yang berlebihan ke luar negeri.

Bahkan berdasarkan data, kata Tito, banyak WNI yang masuk ke Indonesia dari tanggal 11 sampai 17 April. Hal itu juga ditandai dengan harga tiket ke luar negeri yang relatif stabil.

“Ini menunjukan bahwa situasi relatif aman dan kami memberikan jaminan keamanan bahwa di hari H kami siap termasuk perhitungan suara,” tegas Tito.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads