alexametrics

KPU Sumut Nyatakan JR Saragih Tetap Tidak Memenuhi Syarat

15 Maret 2018, 19:55:49 WIB

JawaPos.com – Jopinus Ramli (JR) Saragih Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) kembali harus mengelus dada. Karena, Komisi Pemilihan Umun (KPU) Sumut menyatakan dirinya tetap Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk maju sebagai Calon Gubernur Sumut.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU Sumut Benget Manahan Silitonga di saat menggelar jumpa pers di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kamis (15/3).

Benget mengatakan, KPU tetap mengacu pada putusan mustawarah sengketa pemilihan di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut, Dimana disebutkan yang harus dilegalisir ulang oleh JR Saragih (Pemohon) adalah fotocopy ijazah.

Namun JR Saragih malah menggunakan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) yang dilegalisir. “Kami sudah memutuskan bahwa tidak ada perbedaan dengan surat keputusan sebelumnya yakni status bapak JR Saragih tetap tidak memenuhi syarat (TMS),” kata Benget.

KPU Sumut sebelumnya juga turut serta dalam proaes legalisasi ulang di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat. Mereka juga sudah menerima dokumen legalisasi dari pihak JR-Ance.

Dokumen Berita Acara Hasil Pelaksanaan Putusan Bawaslu Sumut yang dibuat KPU Sumut ditolak oleh pihak JR Saragih yang diwakili Ance Selian.

“Saya tidak mengerti mereka (pihak JR-Ance) katanya menolak dokumen itu. Tadi kita catatkan mereka tidak menerima dokumen itu. Kalau itu keputusan yang mereka ambil, kita hargai juga. Yang penting kami sudah menyelesaikan pelaksanaan putusan Bawaslu Sumut,” kata Benget.

Dalam kesempatan itu, Benget juga angkat bicara soal JR Saragih yang akan memidanakan KPU Sumut. Menanggapi itu Benget menjawab santai.
“Tapi bagianmana kami yang menghalang-halangi. Apa ada pintu KPU ini ditutup?” ucapnya.

Sementara itu Ance Selian yang menyatakan menolak berita acara tersebut mengatakan, KPU tidak menelaah kronologi perjalanan kejadian itu. Dia mengakui kalau ijazah JR Saragih hilang saat hendak dilegalisir.

“Kemudian dilaporkan ke polisi. Setelah itu dilaporkan ke instansi terkait, maka keluarlah surat keterangan pengganti ijazah. Itulah yang dileges,” ucap Ance.

Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu proses gugatan ke PTTUN Medan. Selain melaksanakan putusan Bawaslu Sumut, tim JR Ance juga menggugat putusan teraebut ke PTTUN Medan.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
KPU Sumut Nyatakan JR Saragih Tetap Tidak Memenuhi Syarat