alexametrics

Penertiban Alat Peraga Kampanye Prioritas Bawaslu Sumut

15 Februari 2018, 14:45:28 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum Sumatera Utara (Bawaslu Sumut), akan segera menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) dari masing-masing pasangan calon yang masih terpajang jelang masa kampanye.

Untuk melakukan penertiban itu, Bawaslu Sumut pun sudah melakukan koordinasi dengan masing-masing pemkab dan pemkot di Sumut

“Jumlahnya sangat banyak di seluruh kabupaten dan kota di Sumut. Kita minta itu diturunkan sebelum masa kampanye. Karena APK sudah disiapkan oleh KPU Sumut,” kata Komisioner Bawaslu Sumut Aulia Andri, Kamis (15/2).

Aulia melanjutkan, masa kampanye akan dimulai hari ini sampai 24 Juni mendatang. Maka dari itu Bawaslu akan menindak tegas jika ada yang memasang APK diluar yang sudah disediakan KPU.

Untuk relawan, Bawaslu juga mengimbau, untuk tidak memasang APK diluar yang disediakan KPU. Selain itu, para Paslon juga harus mendaftarkan para relawan.

“Jadi tidak boleh juga relawan bergerak sendiri kemudian membuat, memasang APK,” ujarnya.

Dalam penertipan alat peraga, Bawaslu memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan tegas. Mulai dari menertibkan APK, hingga membubarkan pertemuan relawan yang tidak terdaftar di KPU.

Tak hanya itu saja, Bawaslu juga menyoroti soal pemasangan APK di pohon. Aulia mengungkapkan, pihaknya akan melakukan imbauan agar APK tidak dipasang di pohon.

“Atribut di pohon kan soal estetika, tentunya pemerintah kabupaten/kota pasti gelisah karena taman jadi rusak. Kami mengimbau, agar tempat seperti rumah ibadah, gedung pemerintah, sekolah, fasilitas umum tidak boleh dipakai untuk alat peraga kampanye,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Penertiban Alat Peraga Kampanye Prioritas Bawaslu Sumut