JawaPos Radar

pilpres 2019

Tangan Kanan Megawati: Mas Muhaimin Ambil Keputusan Tepat

14/07/2018, 16:45 WIB | Editor: Estu Suryowati
Tangan Kanan Megawati: Mas Muhaimin Ambil Keputusan Tepat
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menyatakan dukungan untuk petahana Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. (istimewa/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya resmi bergabung dengan koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Secara terang-terangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) telah resmi mengumumkan dukungan ini.

Menanggapi hal itu, ‎Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyambut baik bergabungnya PKB.

"Mas Muhaimin Iskandar mengambil keputusan pada momentum yang tepat. Bergabungnya PKB tersebut senapas dengan upaya membentuk pemerintahan yang kuat dan efektif ke depan," ujar Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (14/7).

Tangan Kanan Megawati: Mas Muhaimin Ambil Keputusan Tepat
Sebelum deklarasi dukungan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) melangsungkan pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (istimewa/JawaPos.com)

"Dukungan ini menunjukkan bahwa Presiden Jokowi sangat piawai di dalam merangkul kekuatan nasional bangsa," ‎tambahnya.

Dengan bergabungnya PKB tersebut, maka langkah persiapan parpol pengusung Jokowi segera dilakukan. Pileg dan Pilpres yang berjalan serentak memerlukan koordinasi dan kerja sama yang makin solid di antara seluruh Parpol pengusung Jokowi.

"Kami segera melangkah cepat dengan menggunakan momentum dukungan PKB yang selama ini kami tunggu. Kini telah terakumulasi 65,2 persen dukungan bagi Jokowi. Ini modal politik penting bagi efektivitas pemerintahan ke depan," katanya.

Dukungan PKB sejalan dengan pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Cak Imin pada Selasa (10/7). Dalam pertemuan itu, kata Hasto, Megawati memang menanyakan rencana bergabungnya PKB.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up