JawaPos Radar

Dukung Jokowi di Pilpres, RE Nainggolan Bentuk N4J

14/07/2018, 10:12 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
RE Nainggolan
Mantan Sekda Pemprov Sumut RE Nainggolan. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Rustam Effendy (RE) Nainggolan alih dukungan. Mantan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) itu mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pada Pilpres 2014, RE terang-terangan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Dukungan kepada Jokowi kali ini sudah dipikirkannya matang-matang. Bahkan, RE Nainggolan membentuk organisasi Nusantara Untuk Jokowi (N4J).

“Setiap langkah yang kami ambil tentu punya pertimbangan rasional. Kami dulu mendukung Pak Prabowo, dan hingga saat ini kami sangat menghormati beliau sebagai seorang tokoh nasional. Tapi di sisi lain, kami melihat sendiri dahsyatnya kerja pembangunan di berbagai bidang yang dilakukan Pak Jokowi. Oleh karena itu, kami membulatkan tekad untuk mendukung beliau di periode kedua,” kata RE Nainggolan dalam keterangannya, Sabtu (14/7).

Mantan Bupati Tapanuli Utara itu menjelaskan, penilaiannya terhadap Jokowi cukup objektif. Bukan berdasarkan emosional belaka. “Begitu hasil pilpres diumumkan KPU dan dikuatkan keputusan MK, maka kontestasi pilpres selesai. Seluruh anak bangsa, termasuk Pak Prabowo saat itu, menerima hasilnya. Mulai saat itu pula, Pak Jokowi membuktikan dirinya sebagai pemimpin bagi semua. Bukan hanya pemimpin bagi orang yang memilihnya,” tandasnya.

Jokowi menempatkan diri sebagai presiden bagi semua adalah perhatian yang sangat besar bagi semua daerah. “Katakanlah, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat. Saya kira para gubernur di daerah itu juga sudah menyatakan apresiasi atas perhatian presiden,” tuturnya.

Dalam berpolitik, lanjut RE, tidak perlu ada cluster pemisah. Atau polarisasi yang seolah tidak bisa mencair lagi. "Di atas semua dinamika politik, kami adalah saudara sebangsa, satu tujuan, demi Indonesia yang bersatu, adil, makmur, dan sejahtera," tandasnya.

RE sendiri memang dikenal tidak pernah berhenti melakukan akvitas sosial sejak resmi menuntaskan pengabdian sebagai birokrat pada 2010 lalu. Dia kini tercatat menjadi Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional, yang kerap melakukan bakti sosial dan pengobatan gratis.

Saat ditanyakan apakah juga akan membawa gerbong yang dulu dibawanya saat mendukung Prabowo-Hatta, RE Nainggolan secara memberikan jawaban secara diplomatis.

“Begitupun, saya tidak nafikan bahwa selama ini kami memang punya soliditas. Kami selalu menjalin komunikasi dalam menyikapi berbagai persoalan, untuk kemudian memiliki sikap dan arah yang sama. Yang jelas, antusiasme ribuan sahabat kami saat deklarasi N4J beberapa waktu lalu dan dinamika organisasi yang penuh gairah, tampaknya dukungan ke Pak Jokowi juga merupakan aspirasi kami bersama. Memang sebelum menyatakan sikap dan melaksanakan deklarasi, kami juga sudah menjalin komunikasi dan serangkaian pembicaraan dengan teman-teman,” urainya.

N4J sendiri sudah terbentuk di semua kabupaten dan kota di Sumut. Termasuk di berbagai provinsi mulai dari Aceh, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DIY, Kalimantan, hingga Papua.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up