alexametrics

Prabowo Kritik Jokowi Soal Kondisi BUMN, Singgung Garuda Indonesia

14 April 2019, 00:26:45 WIB

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengkritik calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) soal kondisi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Tanah Air, salah satunya Garuda Indonesia. Menurutnya, maskapai bintang lima itu sangat sulit mendapatkan keuntungan secara finansial.

Hal itu diketahui Prabowo melalui hasil studi Bloomberg di sektor penerbangan. Dari situ, ada indikasi yang membuat Garuda sulit mendapat keuntungan.

“BUMN, benteng terakhir kita. Kita melihat benteng itu goyah. Contoh, Bloomberg membuat studi tentang penerbangan, yaitu berapa kursi yang harus diduduki penumpang oleh pesawat agar penerbangan itu menguntungkan. Penerbangan maskapai Jepang ANA ,persentasenya 6 persen. Ini Garuda baru bisa untung kalau 120 persen,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (13/4).

Mantan Danjen Koppasus ini mengkritik keras pemerintah yang membiarkan Garuda sulit mendapat keuntungan. “Flight carrier kita kok kita biarkan morat-marit seperti sekarang,” tuturnya.

Prabowo pun menyindir upaya pemerintahan Jokowi yang terlalu membangga-banggakan holding BUMN, namun mengabaikan pengelolaannya. Dia berharap ke depannya kondisi BUMN bisa membaik di bawah arahan Prabowo-Sandi.

“Jadi bagaimana bisa untung kalau gini terus? kalau holding-holding saja tapi tidak dikelola dengan baik. Pertamina ini harusnya bisa jadi world champion. Tapi ini nggak tau gimana, tapi kalah dengan asing,” tandasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi

Alur Cerita Berita

Lihat Semua