JawaPos Radar

Selisih, 1.1 persen, Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul - Puti

14/03/2018, 21:53 WIB | Editor: Soejatmiko
Selisih, 1.1 persen, Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul - Puti
Paslon Pilgub Jatim (dok/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Lembaga survei The Republic Institut merilis hasil temuan terbarunya terkait popularitas dan elektabilitas dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Untuk elektabilitas, pasangan calon nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak unggul sebesar 48.7 persen. Sementara pasngan nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) -Puti Guntur Soekarno hanya 47.6 persen dan undecided voter 3.7 persen.

"Kalau dilihat berdasarkan trend peningkatan elektabilitas dari survei sebelumnya, pasangan Khofifah – Emil Dardak naik sangat signifikan, sedangkan suara Gus Ipul- Puti turun signifikan," kata Direktur The Republic Institute, Fatkhul Mujib kepada JawaPos.com, Rabu, (14/3) malam.

Dijelaskan Fatkhul, survei ini dilakukan pada tanggal 15-25 Februari 2018 dengan metode Multi-stage Random Sampling yang melibatkan 1.227 responden yang tersebar di 38 kabupaten/kota.kemudian sampel diturunkan ke tingkat Kecamatan lalu diturunkan ke tingkat desa, RW, RT, Rumah dan menentukan subjek penelitiannya. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,8%

Sementara untuk popularitas cagub, kata Fatkhul, Khofifah kembali menyalip Gus Ipul. Yakni, 95.9 persen untuk Khofifah dan 94.3 untuk Gus Ipul. Sedangkan posisi Cawagub, Emil juga masih unggul sebesar 62.8 peran sementara Puti hanya 61.9 persen.

"Popularitas Khofifah mengakar sejak dulu. Di sebagai Menteri Sosial juga sukse. Kemudian ditopang blusukannya yang cukup masih. Gus Ipul juga populer tadi dia hanya sebagai wakilnya Gubernur, sehingga masih dibayang-bayangi posisi Gubernur. Nah disini Puti sangat lemah karena orang baru. Ini sangat beda dengan Emil yang popularitasnya cukup tinggi," ungkapnya.

Dalam survey ini, juga diungkapkan peran warga dua ormas besar yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Sebab, dari survei ini pasangan Khofifah – Emil didukung masyarakat yang
berafiliasi NU sebesar 51,5% dan Muhammadiyah 50,8%,. Sedangkan untuk pasangan Gus Ipul - Puti didukung masyarakat yang berafiliasi NU 45,9% dan Muhammadiyah 45,9%.

Menanggapi hasil survey tersebut, sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio memberikan apresiasi. Menurutnya, dalam minggu ini sudah ada tiga lembaga survei yang merilis temuannya. Meski hasilnya berbeda, ia meyakini, semua lembaga tersebut telah bekerja secara baik dan maksimal.

"Semua survey baik. Biasanya survey yang akurat itu yang undicided voternya kecil apalagi kandidatnya head to head," kata Renville.

Renville juga mengaku, tim Khofifah-Emil juga telah memiliki konsultan politik dan tim survey internal untuk melakukan kajian dan penelitian atas rilis sebuah lembaga survei. Namun, Renville menegaskan, hasil survey tersebut tidak akan dipublikasikan untuk untuk umum.

"Tetapi prinsipnya tim kampanye memiliki tim survei dan konsultan sendiri itu yang tidak mungkin di publish hanya ntuk konsumsi internal," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua tim pemenangan Gus Ipul - Puti, Hikmah Bafaqih, menyampaikan, semua hasil survey akan menjadi pedoman penting dalam pemenangan. Menurutnya, dari survei tersebut akan melahirkan strategi baru untuk memenangkan Gus Ipul-Puti.

"Hasil survei ini penting bagi kami, nanti diteliti dengan serius dan diwujudkan dengan strategi-strategi yang baru," kata Hikmah.

(did/mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up