alexametrics

Gus Ipul Galang Dukungan Para Buruh Pengolahan Kayu di Lumajang

14 Maret 2018, 20:37:12 WIB

JawaPos.com — Rangkaian safari politik calon gubernur Jatim Saifullah Yusuf di Lumajang berlanjut dengan menggalang dukungan ke PT Mustikatama, Rabu (14/3). Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, bertemu dengan para pekerja pabrik pengolahan kayu.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul mengingatkan bahwa perusahaan yang tangguh menjadi pilar penyangga perekonomian bangsa. Terlebih, jika perusahaan tersebut menggunakan hasil budidaya sendiri. “Saya senang bisa berkunjung ke perusahaan ini. Bertemu para karyawan. Bisa berbincang juga dengan pemilik perusahaan Mustikatama, Pak Haji Abdullah,” ucap Gus Ipul

Pria asal Pasuruan itu menegaskan dirinya sudah berkunjung ke banyak perusahaan di Jawa Timur, termasuk ke Mustikatama. Menurutnya, perusahaan pengolahan kayu itu sudah sukses dengan mengekspor produknya ke berbagai negara, seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Gus Ipiul menilai, perusahaan yang tangguh harus mendapat dukungan dengan adanya regulasi yang tepat. Sehingga dapat membantu negara dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik. “Apalagi kalau perusahaan sudah bisa ekspor. Lebih-lebih produksinya lewat hasil budidaya sendiri,” ungkapnya.

Sebuah perusahaan mendapat nilai tambah karena mampu mengeskpor produknya di tengah persaingan yang semakin ketat. Gus Ipul mengakui, dalam hal perdangan ke luar negeri, posisi Jatim masih jauh dari menggembirakan. “Masih minus,” tambahnya singkat.

Dalam hal perdagangan antar provinsi di Indonesia, Jatim berada dalam posisi yang menggembirakan. Sebab termasuk yang paling maju di antara daerah-daerah lain. “Kalau perdagangan antar provinsi alhamdulillah kita surplus,” lanjut Gus Ipul.

Ke depan, Gus Ipul-Puti akan berusaha menciptakan kondisi yang kondusif agar semua unit usaha tumbuh dengan baik dan sehat. Oleh karena itu, harus dipikirkan pula regulasi dan iklim usaha yang juga kondusif. “Terhadap perusahaan yang sudah tangguh mesti kita jaga dan lindungi. Agar bisa terus berkontribusi positif,” tutur mantan Ketua Umum GP Ansor tersebut.

Perusahaan yang tangguh, juga akan berimbas baik kepada para karyawan. Gus Ipulpun mengaku senang saat dirinya bisa mengunjungi UMKM-UMKM dan perusahaan-perusahaan kecil, namun berdayaguna tangguh.

Dengan begitu, pemerintah punya dasar dan alasan untuk membela perusahaan dan UMKM yang kecil namun tangguh agar tetap mampu berproduksi. “Jangan sampai ada perusahaan yang tidak berproduksi. Itu akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan kerja para karyawan,” ucapnya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Gus Ipul Galang Dukungan Para Buruh Pengolahan Kayu di Lumajang