JawaPos Radar

Daftar ke KPU, Pasangan Cagub-cawagub Lampirkan LHKPN Lawas

14/01/2018, 00:25 WIB | Editor: Ilham Safutra
Daftar ke KPU, Pasangan Cagub-cawagub Lampirkan LHKPN Lawas
()
Share this image

JawaPos.com - Empat pasangan calon gubernur yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur masih melampirkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) lama. Kini KPU setempat masih menunggu LHKPN terbaru masinng-masing kandidat hingga 20 Januari mendatang.

Komisioner KPU Kaltim Ida Farida Ernada menuturkan, pada saat pendaftaran yang berlangsung 8-10 Januari lalu setiap bakal calon diminta untuk menyerahkan LHKPN. Hanya saja LHKPN yang diserahkan bukan laporan 2017. “Bahkan, salah satu bakal calon menyerahkan laporan pada 2005 lalu,” ujar Ida Farida seperti dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Minggu (14/1).

Dari data yang dihimpun Kaltim Post, balon yang terakhir melaporkan kekayaannya, Syaharie Jaang yakni pada 2005. Sementara balon paling terbaru menyerahkan LHKPN yakni adalah Rusmadi Wongso dan Nusyirwan Ismail. Keduanya terakhir melaporkan kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2015 lalu.

Daftar ke KPU, Pasangan Cagub-cawagub Lampirkan LHKPN Lawas

Meski LHKPN yang diberikan saat pendaftaran belum update, para pendaftar sudah melampirkan tanda terima yang menyatakan LHKPN tahun 2017 dan sedang diproses oleh KPK. “Semoga saja pada masa perbaikan dan pelengkapan berkas nanti, KPK sudah menyelesaikan laporan para bakal calon,” ujarnya.

Pengumuman pelengkapan berkas pendaftaran dilaksanakan pada Rabu (17/1) mendatang, setelah pengumuman hasil pemeriksaan kesehatan pada Selasa (16/1).

Ida menjelaskan, hasil pemeriksaan kesehatan menentukan para balon akan melanjutkan perbaikan dan pelengkapan berkas atau tidak. "Percuma kan diminta melengkapi berkas bila tes kesehatan saja tidak lolos,” terangnya.

KPU memberikan waktu kepada para calon kontestan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018 hingga 20 Januari untuk melengkapi dan memperbaiki syarat pendaftaran. “Setelah itu, menunggu penetapan calon pada 12 Februari,” kuncinya.

Dari data yang dihimpun dari elhkpn.kpk.go.id, dari delapan balon yang mendaftar di Pilgub Kaltim 2018, Andi Sofyan Hasdam memiliki kekayaan paling melimpah dibanding bakal calon gubernur lainnya. Kekayaan mantan wali kota Bontang tersebut nilainya mencapai Rp 8,139 miliar ditambah USD 2.000.

(iil/jpg/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up