JawaPos Radar

Pilpres 2019

Anak Buah Zulhas Ceritakan Kekecewaan Soetrisno Bachir terhadap Jokowi

13/09/2018, 16:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Zulkifli Hasan, zulhas
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Ketua Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir ‎mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Hal tersebut terkonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan belum mengetahui ihwal koleganya bakal merapat ke Jokowi. "Belum tahu saya," ujar Yandri di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/9).

Namun demikian Yandri mengaku aneh apabila koleganya mendukung Jokowi. Pasalnya Soetrisno Bachir pernah mengungkapkan kekecewaannya terhadap Jokowi. Bahkan Soetrisno Bachir juga menyarankan PAN untuk tidak perlu mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin
ILUSTRASI. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

"Mas Tris pernah meluapkan kekecewaanya kepada Pak Jokowi. (Dia) mengatakan, 'Sudah, tidak usah dukung lagi Pak Jokowi'," kata Yandri menirukan pernyataan Soetrisno.

Yandri menambahkan, Soetrisno Bachir tak pernah lagi diundang menghadiri rapat kabinet. Itu setelah yang bersangkutan memberikan konsumsi ke peserta aksi 212 pada 2017 lalu.

‎"Rapat kabinet tidak pernah diajak. Mau ketemu (Jokowi) susah. Urusan bisnis (Soetrisno) juga tidak ada yang dilancarkan," kata Yandri kenang cerita Soetrisno Bachir.

Sehingga anggota Komisi II DPR ini mengaku aneh apabila kubu Jokowi menyebut Soetrisno Bachir merapat ke mereka dan mengabaikan dukungan untuk Prabowo-Sandiaga.

"Jadi, kalau Mas Tris mendukung Pak Jokowi, saya kira itu masih isu, dan sangat aneh kalau Mas Tris mengatakan mendukung Jokowi. Karena Mas Tris yang mengajak PAN jangan mendukung Jokowi," katanya.

Dengan demikian, lanjut Yandri, informasi dari Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani belum bisa dikatakan benar. Apalagi, dalam pandangan Yandri, Soetrisno Bachir adalah orang yang teguh pendirian.

"Saya yakin Mas Tris tidak akan mejilat ludahnya sendiri. Agak aneh menurut saya," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengaku sudah mendapat informasi bahwa Soetrisno Bachir bakal mendukung Jokowi dan Ma'ruf Amin. "Kalau dari PAN kan insya Allah Soetrisno Bachir tetap dukung Pak Jokowi," ujar Arsul saat dihubungi, Selasa (11/9).

Menurut Arsul, koalisi partai pendukung Jokowi-Ma'ruf sudah lama berkomunikasi dengan Soetrisno Bachir. Apalagi eks Ketua Umum PAN itu sudah lama mendukung Jokowi sejak menjabat sebagai Ketua Ekonomi Industri Nasional (KEIN).

(ce1/gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up