alexametrics

NasDem Paling Mengakomodir Kaum Perempuan

13 April 2019, 01:15:41 WIB

JawaPos.com – Partai NasDem menegaskan komitmen mengakomodir kepentingan perempuan Indonesia. Ini dibuktikan dengan menempatkan caleg-caleg perempuan hampir 40 persen. Kesempatan juga diberikan kepada perempuan untuk memimpin di DPP, DPW, juga di posisi Kepala Daerah. Aktivis perempuan pun menilai NasDem sudah sangat pas mengakomodir perempuan.

Akitivis Perempuan Tety Sumire melihat NasDem salah satu partai yang terbuka untuk perempuan.

“Sekarang semua partai berusaha membuka diri terhadap peremouan. NasDem juga salah satu yang terbuka dengan baik untuk perempuan,” kata Tety saat dihubungi, Jumat (12/4).

Tety melanjutkan, keberanian perempuan masuk dunia politik saat ini semakin besar. Hal itu karena dipengaruhi pengetahuan politik yang berjalan. “Perempuan sudah mudah mendapatkan kapasitas bagaimana menyiapkan diri untuk memimpin publik. Ruang itu memberi ruang cukup besar,” katanya.

Apalagi, partai politik termasuk NasDem betul-betul menjalankan pendidikan politik secara baik. “Semakin menyiapkan perempuan untuk berkompetisi memimpin publik ” tuturnya.

Sementara itu, anggota Komnas Perempuan Masruchah mengatakan keterwakilan perempuan dalam pencalonan legislatif terjadi kenaikan secara signifikan, yakni 40 dalam pencalonan.

“Tetapi yang perlu dipastikan adalah bagaimana partai-partau memberi peluang strategis agar caleg perempuan jadi (anggota dewan),” katanya.

Artinya, kata dia afirmasi dilakukan oleh partai di nomor urut strategis dan ditaruh di dapil yang memiliki keberterimaan perempuan sebagai legislatif. Serta dukungan alat kampanye serta keperluan lain dalam proses pencalonan dialokasikan untuk caleg perempuan.

“Partai saya kira dalam proses pencalonan minimal 30 persen dilakukan sebagaimana aturan UU Pemilu,” katanya.

Sedangkan, politisi Partai NasDem, Taufiqulhadi menegaskan pihaknya sangat mengakomodir kepentingan kaum perempuan. Hal itu terlihat dari kebijakan Partai NasDem yang lebih memprioritaskan perempuan dalam berbagai hal.

Dalam bidang politik, misalnya, DPP Partai NasDem telah memberikan kuota lebih dari 30 persen bagi kaum perempuan di pencalegan dan kepengurusan partai dari tingkat pusat hingga daerah. Bahkan, NasDem memberikan nomor urut cantik kepada perempuan-perempuan yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas.

“Kita bukan hanya 30 persen tetapi juga lebih dari itu. Kebijakan ini membuktikan jika NasDem memang mendahulukan kepentingan perempuan,” ujar Taufiqulhadi kepada wartawan, jumat.

Nasdem ingin memberikan peluang kepada perempuan Indonesia untuk berkarya dan berbakti kepada negara dan bangsa melalui Partai NasDem. “NasDem ingin perempuan Indonesia maju.”

Bidang ekonomi, Partai NasDem juga memberikan pendidikan enterpreneurship kepada emak-emak di perkotaan dan perdesaan. Pengembangan SDM perempuan dengan berbagai keterampilan. Begitupun dengan bidang budaya, pendidikan bidang lainnya.

Editor : Bintang Pradewo