alexametrics
Pilpres 2019

Jokowi Tak Ingin Ada Ketimpangan di Masyarakat

13 April 2019, 21:10:01 WIB

JawaPos.com – Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan selama 4,5 tahun dirinya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah berjuang keras dalam rangka mengembalikan watak asli pembangunan di Indonesia. Watak pembangunan yang ia maksud yakni, pembangunan yang tidak bertumpu kepada pertumbuhan ekonomi saja, melainkan pada pemerataan.

Pasalnya, menurut Jokowi, pertumbuhan ekonomi tanpa pemerataan adalah sebuah ketimpangan. Baik itu ketimpangan antara kaya dan miskin maupun antarwilayah. Pertumbuhan tanpa pemerataan juga menyebabkan ketidakadilan.

Oleh sebab itu Jokowi fokus membangun infrastruktur tidak di Jawa saja, tapi di seluruh wilayah Indonesia. Dengan infrastruktur-infrastruktur itu dirinya ingin ada titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa, baik berupa kawasan industri maupun kawasan ekonomi khusus.

“Kami ingin terus memperjuangkan kemandirian ekonomi Indonesia. Oleh sebab itu, sumber daya alam strartegis yang sebelumnya dikelola oleh asing kini sudah dikuasai negara. Seperti Blok Mahakam, Blok Rokan dan Freeport,” ujar Jokowi dalam debat kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Menurut Jokowi, ‎kemandirian ini sangat penting. Sebab, hanya dengan kemandirian ekonomi, kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan.

Jokowi melanjutkan, di bidang kesejahteraan sosial dirinya bersama dengan Ma’ruf Amin akan mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Diharapkan dengan kartu ini anak-anak yang tidak mampu bisa berkuliah baik di akademi maupun perguruan tinggi.

Kedua Jokowi-Ma’ruf juga mengeluarkan Kartu Pra Kerja. Dengan kartu tersebut akan dilakukan pelatihan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, baik untuk lulusan SMA, SMK, perguruan tinggi maupun korban-korban PHK.

Terakhir Jokowi-Ma’ruf apabila terpilih menjadi kepala negara akan mengeluarkan Kartu Sembako Murah. Diharapkan ibu-ibu bisa membeli sembako murah dengan harga yang sudah didiskon oleh pemerintah.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua