alexametrics

Jokowi Klaim Program Mekaar dan KUR Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Emak-Emak

13 April 2019, 21:58:07 WIB

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) membanggakan program Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar) sebagai salah satu upaya dalam mendorong kemandirian ekonomi bagi kaum wanita, khususnya emak-emak. Program yang dicanangkan oleh BUMN Permodalan Nasional Madani (PNM) ini merupakan upaya mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi saya teruskan tadi program mekaar adalah pinjaman bagi ibu-ibu baik pedagang asongan, mie ayam, usaha-usaha rumah tangga yang kita berikan pinjaman Rp 2 juta sampai (maksimal) Rp 10 juta,” ujarnya dalam debat Capres-Cawapres 2019-2024 di Jakarta, Sabtu (13/4).

Jokowi mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah nasabahnya menjadi 10 juta pada 2019 ini. Saat ini, jumlah nasabah dari program Mekar sebanyak 4,2 juta.

Jokowi Klaim Program Mekaar dan KUR Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Emak-Emak
Pasangan Prabowo Subianto- Sandiaga S Uno dalam debat pilpres 2019 di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (13/4). (Dok. Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Lebih lanjut, jika masyarakat membutuhkan pembiayaan yang lebih besar, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bisa menjadi pilihan tepat. Apalagi, bunga yang diberikan cukup rendah, yakni 7 persen.

“Kalau lebih dari itu kita larikan ke KUR yang bunganya 7 persen,” tuturnya.

Selain itu, lanjut mantan Wali Kota Solo ini, pemerintah juga menyediakan program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Menurutnya, program pembiayaan ini jauh lebih menjangkau kebutuhan masyarakat akan permodalan yang nilainya rendah. Sehingga, masyarakat tetap bisa melakukan kewirausahaan tanpa takut dengan kredit yang mahal.

“Pembiayaan UMi ini sudah 1,1 juta nasabah. Ini untuk usaha mikro yang lebih kecil lagi. Kalau ini sudah dikoreksi benar akan kita tingkatkan sehingga wanita Indonesia bisa produktif dan memberikan tambahan,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads