alexametrics

Ijeck Jemput Jenazah Aksioma yang Sempat Tertahan di Jepang

13 April 2018, 00:10:58 WIB

JawaPos.com – Jenazah Aksioma Waruwu akhirnya tiba di tanah air setelah sebelumnya sempat tertahan di Jepang. Penjemputan jenazah dilakukan oleh Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah di Bandara Kuala Namu setelah terbang dari Jakarta, Kamis (12/4).

Kasus tertahannya jenazah Aksioma Waruwu warga asal Kabupaten Nias, Sumut, yang meninggal di Jepang sempat membuat publik terenyuh. Bagaimana tidak, keluarga semopat kebingungan karena terkendala masalah administrasi dan biaya pemulangan.

Penantian keluarga akhirnya terobati setelah pemerintah melalui Kedutaan Besar RI bersama anggota DPR RI asal Nias dari Partai Gerindra Suasana Dachi membawa pulang jenazah Aksioma.

Ijeck Jemput Jenazah Aksioma yang Sempat Tertahan di Jepang
Cawagub Sumut Musa Rajekshah bersama Anggota DPR RI Suasana Dachi saat menjemput jenazah Aksioma Waruwu, Kamis (12/4). (ist/Dok. ERAMAS)

“Pagi ini dari Cengkareng Jakarta kami bersama dengan Anggota DPR RI asal Nias, Sumut, Bang Suasana Dachi dan keluarga Almarhum menjemput jenazah Aksioma Waruwu yang baru sampai dari Jepang,” ungkap pria yang kerap disapa Ijeck itu.

Pihaknya bersama KBRI dan Suasana Dachi telah melakukan serah terima jenazah beserta berkas-berkas lainnya kepada pihak keluarga secara langsung. Nantinya, pihak keluarga akan membawa jenazah Aksioma ke kampung halamannya di Kepulauan Nias.

“Aksioma adalah warga Kabupaten Langkat asal Nias yang bekerja di Jepang dan meninggal dunia beberapa waktu lalu. Jenazah Aksioma sudah diterima keluarga dan langsung dibawa ke kampung halamannya di Kepulauan Nias,” tulisnya.

Ijeck turut menyampaikan rasa dukanya yang mendalam atas meninggalnya salah satu warga Sumut di Jepang.

Sebelumnya, Calon Wakil Gubernur Sihar Sitorus pun mendapat pengaduan dari kerabat Aksioma. Setelah mendengar cerita tentang Aksioma, Sihar langsung menghubungi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Saat itu, Yasonna langsung memberi respon akan berkoordinasi dengan KBRI.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Ijeck Jemput Jenazah Aksioma yang Sempat Tertahan di Jepang