alexametrics

4 Ribu Purnawirawan Siap Bergerilya Menangkan Khofifah-Emil

13 April 2018, 21:31:23 WIB

JawaPos.com – Arus dukungan untuk pasangan calon gubernur dan wakil guberbur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak terus berdatangan. Kali ini, para purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam Ikatan Purnawirawan Bersatu mendatangi Rumah Aspirasi di Jalan Raya Diponegoro Surabaya, Jumat (13/4). Mereka mendeklarasikan dukungan kepada paslon nomor urut 1 ini.

Ketua Ikatan Purnawirawan Bersatu, Letnan Kolonel (Purn) TNI Rusmin menjelaskan, anggotanya terdiri dari mantan anggota TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara serta dari unsur kepolisian. Hingga saat ini, lanjut Rusmin, anggota yang sudah terdata berjumlah 4 ribu orang.

“Jumlah yang tercatat ini belum istrinya, belum anak-anaknya. Kami targetkan bisa sumbang suara ke Bu Khofifah paling tidak 30 ribu,” kata Rusmin.

Dukungan Khofifah Menguat
Ikatan Purnawirawan Bersatu memberikan dukungan kepada Khofifah di Pilgub Jatim, Jumat (13/4). (Moh. Mukit/JawaPos.com)

Pria yang mengakhiri tugas militernya di Garnisun Tetap III/Surabaya ini menjelaskan, untuk saat ini pihaknya akan melakukan gerilya di akar rumput untuk mendulang dukungan pada Khofifah-Emil. Akan tetapi, hal yang lebih penting yang akan dilakukan yakni pengamanan suara mulai sebelum pencoblosan hingga selesai penghitungan.

“Secara khusus, kita ini membangun dan menggalang dukungan dari akar rumput. Selama kampanye berlangsung, kami juga melakukan pengawasan terutama atribut-atribut Khofifah-Emil. Kalau ada gambar Khofifah-Emil rusak. Kita harus turun,” imbuhnya.

Kendati demikian, Rusmin enggan menjelaskan secara rinci mengenai strategi pendulangan serta pengamanan suara Khofifah-Emil. Hal yang pasti, kemampuan dan pengalaman selama aktif di militer, seperti kerja-kerja intelijen akan diterapkan, termasuk saat pengamanan suara hingga penghitungan.

“Anggota kami banyak mantan Babinsa yang menguasai teritorial dan memahami fungsi intelejen. Kami akan lakukan gerakan senyap,” pungkasnya.

Sementara itu, Khofifah yang hadir menemui para purnawirawan ini menyampaikan terima kasih. Apalagi, para purnawirawan ini dengan ikhlas dan tulus siap membantu mengamankan suara Khofifah-Emil. Baginya, dukungan purnawiran ini sangat membantu terutama dalam hal pengamanan suara.

“Saya seminggu lalu berpikir, kira-kira elemen mana yang sanggup membantu mengamankan suara Khofifah-Emil. Alhamdulillah, bersamaan dengan azan maghrib, Allah menurunkan bala tentara (purnawirawan) yang siap mengamankan suara Khofifah-Emil,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
4 Ribu Purnawirawan Siap Bergerilya Menangkan Khofifah-Emil