JawaPos Radar | Iklan Jitu

Penetapan Gubernur Terpilih Sumatera Selatan Ditunda

12 Juli 2018, 18:58:35 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pilgub Sumsel
KPU Sumsel menunjukkan desain surat suara di Pilgub Sumsel. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel menunda penetapan Gubernur terpilih 2018 di. Hal ini dilakukan lantaran adanya gugatan Pilgub Sumsel yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ya, seharusnya penetapan Gubernur terpilih ini 3x24 jam sejak dilakukannya rekapitulasi. Tapi, dikarenakan adanya gugatan di MK maka kami harus menundanya," kata komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (12/7).

Ia menerangkan, dengan adanya gugatan tersebut maka pihaknya harus menyesuaikan jadwal penetapan gubernur terpilih dengan jadwal gugatan di MK. Dirinya tidak mengetahui pasti kapan sengketa Pilgub ini berakhir. Namun, jika sidang di MK telah dilakukan maka pihaknya akan segera melaksanakan hasil persidangan tersebut.

"Jadi kami intinya menunggu hasil dari gugatan di MK ini," terangnya.

Sedangkan, untuk rekomendasi Bawaslu Sumsel, sejauh pihaknya juga belum menerima karena pihak Bawaslu masih melakukan kajian terkait laporan pelanggaran tersebut. 

Menurutnya, tuntutan tim pasangan Dodi-Giri untuk meminta Pemungutan Suara Ulang (PSU) sulit terealisasi. Lantaran, pihaknya sudah melaksanakan tahapan Pilgub sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Tapi, apapun rekomendasi dari Bawaslu tentu kami akan melaksanakannya," singkatnya. 

Seperti diketahui, tim advokasi pasangan Dodi-Giri menilai adanya kejanggalan dalam pelaksanaan Pilgub Sumsel. Karena itu, menolak hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Sumsel.

Bahkan, tim pasangan Dodi-Giri pun melaporkan sejumlah pelanggaran ke Bawaslu dan melakukan gugatan ke MK untuk menolak hasil rekapitulasi tersebut.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up