alexametrics

Gara-gara Debat Perdana, Relawan ERAMAS Berbalik Dukung DJOSS

12 Mei 2018, 20:09:54 WIB

JawaPos.com – Jelang pencoblosan, dinamika pemilihan Gubernur Sumatera Utara menggeliat. Fenomena relawan pindah dukungan pun kerap terjadi. Seperti halnya yang terjadi pada sekelompok orang yang menyatakan dirinya sebagai Relawan Pasangan Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS).

Mereka sepakat memindahkan dukungannya kepada pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (DJOSS) usai melihat debat kandidat perdana yang digelar KPU belum lama ini.

“Kita mendukung Djarot-Sihar dengan hati nurani, tanpa ada intimidasi dan paksaan. Kita lihat debat pertama, paslon nomor dua yang lebih pantas memimpin Sumut. Kita lihat Pak Djarot dan Pak Sihar lebih mapan dan pengalaman serta lebih tahu permasalahan di Sumut dengan solusi misi dan visinya,” ungkap Eks Ketua Relawan Bersatu Tapanuli Selatan Erwan Pulungan, di Posko Pemenangan DJOSS, Jalan Cipto Medan, Sabtu (12/5). 

Erwan mengklaim memiliki 3.000 massa. Kini nama mereka pun sudah berganti menjadi Relawan Tapsel Perubahan. “Pak Djarot yang layak memimpin Sumut ini. Insya Allah kita mensosialisasikan pasangan calon nomor urut dua itu sampai ke akar rumput dan bekerja keras memenangkan pasangan ini,” tutur dia.

Erwan tidak sendiri, sewaktu membelot ke DJOSS, ia bersama relawan ERAMAS asal Padang Lawas. Eks Ketua Padang Lawas Bersatu Marlis Sikumbang menyatakan hal serupa dengan Erwan. Selain terkesan tidak menguasai bahan saat debat, menurut Marlis, elektabilitas ERAMAS terus menurun. “Sementara paslon nomor urut dua naik tajam. Saya timbang-timbang, dengan hati nurani. Saya menilai Pak Djarot pantas memimpin Sumut ini,” ungkapnya.

Marlin pun merubah nama komunitasnya menjadi Palas Perubahan Sumut DJOSS. Dia mengklaim ada 2.500 relawan yang ada di bawah komandonya. Selain Marlis, Ahmad Sukur Rambe, eks Relawan ERAMAS dari Kabupaten Padang Lawas Utara juga hadir ke Posko DJOSS untuk beralih dukungan. 

“‎Dengan relawan saat ini, kami siap memenangkan Pak Djarot dan Pak Sihar di Pilgub Sumut bersama rakyat Sumut,” kata Marlin.

Secara simbolis, Koordinator Relawan DJOSS Sumut Ricky Sitorus memakaikan kaus dan pin bergambar Djarot-Sihar kepada mereka. 

Ricky mengungkapkan, masuknya kelompok relawan ini semakin menambah pundi-pundi suara Djarot-Sihar khususnya di daerah. “Ini ada kemantapan hati nurani mereka, mereka menilai ada kemantapan dengan kepemimpinan Djarot-Sihar. Karena, Djarot-Sihar layak dan baik menjadi pemimpin di Sumut ini,” kata dia.

Merapatnya para relawan ini, lanjut Ricky sama sekali tidak dipaksa atau ada iming-iming tertentu. “Hal ini, menjadi pembelajaran politik masyarakat untuk memilih pemimpin yang tepat dan baik,” tutur Ricky.

Beberapa waktu belakangan ini beberapa kelompok Relawan ERAMAS pindah kapal untuk mendukung DJOSS. Terhitung, sudah tiga kali momentum pindah kapal dari beberapa kelompok relawan. Pertama Masyarakat Bersatu KabupatenMandailing Natal,‎ Relawan ERAMAS Kota Binjai dan Kabupaten Langkat. Terakhir, Relawan Palas Bersatu dan Relawan Tapsel Bersatu.

Sebelumnya, ketiga kelompok relawan itu mendatangi KPU Sumut untuk menyerahkan surat alih dukungan dari ERAMAS.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Gara-gara Debat Perdana, Relawan ERAMAS Berbalik Dukung DJOSS