alexametrics

Djarot dan Tengku Erry ‘Mesra’ Saat Hadiri Mukerwil Pemuda Muslimin

12 Mei 2018, 02:10:49 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi hadir dalam Pelantikan dan Mukerwil I Pemuda Muslimin Indonesia Sumut di Hotel Madani Medan, Jumat (11/5). Keduanya hadir sebagai tau istimewa. Erry dan Djarot sempat dipakaikan ulos secara adat Batak di acara tersebut.

Mereka berdua tampak kompak mengenakan kemeja putih dengan kopiah hitam. Sesekali, Djarot dan Tengku Erry yang duduk berdampingan saling berbisik.

Saat memberikan sambutan, Djarot bercerita kisah Pahlawan Nasional Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto yang bisa disebut Pak Cokro. Djarot mengatakan, kalau ayah kandungnya merupakan tetangga dari tokoh bangsa tersebut.

Djarot dan Tengku Erry ‘Mesra’ Saat Hadiri Mukerwil Pemuda Muslimin
Djarot dan Tengku Erry tampak akrab saat menghadiri Pelantikan dan Mukerwil I Pemuda Muslimin Indonesia Sumatera Utara (Sumut) di Hotel Madani Medan, Jumat (11/5). (ist/Dok.DJOSS)

“Pak Cokro itu tinggal di Paneleh, Surabaya. Sedangkan ayah saya di Plampitan, itu dekat sekali,” sebut Djarot.

Sebagai tokoh besar, Tjokroaminoto menjadikan Islam sebagai perjuangan untuk mencapai Indonesia merdeka. “Beliau juga yang menghilangkan sekat-sekat kedaerahan,” ujarnya.

Untuk itu, Djarot mengajak Pemuda Muslimin Indonesia dan ormas Islam lainnya agar selalu mengingat jasa Pak Cokro. “Bagaimana beliau membangun Sarikat Islam, dari organisasi itulah akan dibangun Indonesia yang baru pada masa itu,” tutur Djarot.

Menurut Djarot pada awal-awal kebangkitan nasional, seluruh elemen bangsa dari berbagai suku maupun agama bersatu melawan penjajah. Djarot juga mengajak para pemuda untuk berjihad melawan korupsi.

“Sekarang, mengapa lantas kita harus bermusuhan? Mari kita berjihad melawan korupsi, kemiskinan dan kebodohan,” tegas pasangan Sihar Sitorus itu.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Pemuda Muslimin Indonesia, Ervan Taufik. Ervan menyebutkan, Pemuda Muslimin Indonesia merupakan pionir penjaga kesatuan dan persatuan NKRI.
“Kita akan menjaga keutuhan bangsa ini, dan tidak akan memberikan sekat-sekat yang bisa memecah belah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Wali Kota Pematang Siantar, Hefriansyah; Ketua Pemuda Muslimin Indonesia Sumut, Jonson Sihaloho dan pengurus kabupaten dan kota Pemuda Muslimin Indonesia.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Djarot dan Tengku Erry 'Mesra' Saat Hadiri Mukerwil Pemuda Muslimin