JawaPos Radar

Atasi Pengangguran, Ridwan Kamil Siapkan Ini Di Lingkungan Industri

12/05/2018, 22:53 WIB | Editor: Soejatmiko
Atasi Pengangguran, Ridwan Kamil Siapkan Ini Di Lingkungan Industri
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melakukan kampanye di Karawang, Sabtu (12/5). Dok timses. (timses Ridwan Kamil - Uu)
Share this

JawaPos.com - Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berupaya mencarikan solusi yan tepat mengatasi pengangguran di Karawang. Sebab masalah pengangguran masih menjadi topik paling monjol di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Wali Kota Bandung non aktif, Ridwan Kamil blusukan di Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe. Pasalnya, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil menerima curhatan warga setempat soal pengangguran.

Curhatan tersebut terkait pembangunan yang tumbuh pesat di Kota besar Jawa Barat, namun warga hanya jadi penonton. Sedangkan industri di Karawang begitu besar dan merata. Maka, warga menginginkan Cagub nomor urut 1 itu membawa perubahan dalam gerbong pembangunan.

"Salah satu solusi yang sudah saya komunikasikan dengan pemilik-pemilik industri adalah mereka sepakat dengan konsep pasangan Rindu (Ridwan Kamil - Uu), yaitu menyediakan sekolah di lingkungan industri atau di dalam pabrik," kata Kang Emil di Karawang, Sabtu (12/5).

Warga yang menganggur dan skill-nya kurang, kata dia, akan dikursuskan atau disekolahkan. Setelah lulus dari pabrik itu, diharapkan bisa bekerja di pabrik tersebut karena skillnya sudah terlatih. Ini juga memastikan bahwa warga lokal mampu bersaing dengan warga pendatang.

"Inilah upaya saya sebagai calon Gubernur memastikan dan ini sangat mudah untuk dieksekusi. Insya Allah, kalau takdirnya datang saya menjadi Gubernur, maka saya akan buat aturannya melalui peraturan gubernur," ujarnya.

Selain itu, warga yang ingin bekerja di rumah, ada program satu desa satu perusahaan. Ini jadi program unggulan pengentasan pengangguran dan kemiskinan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum alias Rindu.

"Jadi warga buka pintu bekerja saja di rumahnya tanpa perlu pergi ke luar Desanya atau ke Kota, tapi diorder membuat produk-produk yang nanti dibeli oleh perusahaan yang dibikin," ucapnya.

Program lainnya, yakni kredit Masjid Sejahtera (Mesra). Dengan melalui kredit tersebut, warga bisa mengakses modal untuk usaha warung. Tidak perlu ke bank atau rentenir, cukup datang ke masjid ada pertolongan program dari Gubernur.

"Inilah program spesifik yang diminati oleh warga Karawang, mudah-mudahan bisa menguatkan kemenangan pasangan Rindu," pungkasnya.

(ona/JPC)

Alur Cerita Berita

Cawagub Jabar Ahmad Syaikhu Berduka 12/05/2018, 22:53 WIB
Kang Emil: Kalau Terlena Kita Kalah 12/05/2018, 22:53 WIB
Demokrat Usung Dede Yusuf?  12/05/2018, 22:53 WIB
Nasdem Siap Menangkan Ridwan Kamil  12/05/2018, 22:53 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up