alexametrics
Pileg 2019

KPU Tidak Akan Pajang Nama Caleg Eks Koruptor di TPS

12 Februari 2019, 19:47:28 WIB

JawaPos.com – ‎Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) menemukan masih adanya calon anggota legislatif (caleg) mantan terpidana kasus korupsi yang belum diumumkan ke publik. Sehingga KPU kembali bakal mengumumkan daftarnya.

Komisoner KPU, Ilham Saputra mengatakan, saat ini pihaknya hanya memastikan atau melakukan pengecekan apakah benar caleg tersebut pernah tersangkut kasus korupsi.

“Nama-nama sudah ada, tinggal tunggu waktu saja mengumumkannya. Misalnya datanya ada benar. Jangan nanti KPU kena gugatan orang enggak korupsi disebut korupsi. Kemudian tercemar nama baik dia,” ujar Ilham di kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/2).

Ilham mengatakan, nama-nama caleg yang mantan terpidana korupsi tersebut juga tidak akan dipajang di setiap tempat pemungutan suara (TPS). KPU hanya mengumumannya di website KPU yakni di alamat www.kpu.go.id.

“Enggak (tidak ditempel di TPS), tapi diumumkan saja (diumuman di website KPU),” katanya.

Ilham mengaku KPU hanya memberitahukan ke masyarakat mengenai adanya mantan narapidana kasus korupsi itu menjadi caleg. KPU hanya menjalankan peraturan yang ada pada Pasal 182 dan Pasal 240 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Beleid itu mengatur, calon anggota legislatif dengan status mantan terpidana diumumkan statusnya secara terbuka kepada publik. “Sekali lagi ini bukan blacklist, tapi informasi yang KPU sampaikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Mengenai berapa banyak nama yang bakal diumumkan oleh KPU, Ilham mengaku temuan KPU ‎lebih dari yang diadukan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), atau lebih dari 14 caleg.

“Pokoknya tambah. Kalau Perludem kemarin 14, mungkin kami lebih (dari itu),” pungkasnya.

‎Sebelumnya, KPU telah mengumumkan 49 nama caleg bekas narapidana korupsi. Itu terdiri dari DPRD Kabupaten Kota/Provinsi dan DPD. Sementara Perludem juga masih menemukan tambahan 14 caleg bekas koruptor.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

Copy Editor :

KPU Tidak Akan Pajang Nama Caleg Eks Koruptor di TPS