alexametrics

Gagal Jadi Cagub Sumut, JR Saragih Menangis

12 Februari 2018, 14:20:02 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) menetapkan dua pasangan calon di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut 2018. Masing-masing Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Sumut Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

Satu lagi pasangan bakal calon gagal lolos verifikasi. Yakni, Jopinus Ramli (JR) Saragih-Ance Selian. Mereka tidak lolos verifikasi karena berkas fotocopy ijazah SMA yang tidak lengkap.

JR Saragih tidak melengkapi berkas fotocopy ijazah sebagai syarat pencalonan di KPU Sumut. Berdasarkan surat Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Nomor 1454/1.851.623 tertanggal 22 Januari 2018 menyebutkan bahwa pihaknya tidak pernah melegalisir ijazah JR Saragih.

Setelah dinyatakan gagal, tangisan JR Saragih pecah saat diwawancarai sejumlah awak media. Rencanya, JR Saragih bersama Ance enempuh jalur hukum atas kegagalan ini.

“Entah siapa pun yang digugat, pokoknya kami lihat. Tuhan masih ada di atas manusia. Orang KPU-nya sama kok, kenapa saya bisa mencalonkan saat menjadi bupati,” kata JR sambil menangis sebelum meninggalkan lokasi rapat pleno terbuka pengumuman Cagub-Cawagub Sumut yang digelar KPU di Hotel Grand Mercure, Kota Medan, Senin (12/2).

Menurut JR Saragih, KPU tidak pernah memberitahukan ihwal kekurangan berkasnya. Sedangkan pada 20 Januari, surat dari Dinas Pendidikan Jakarta baru rampung.

“Saya juga mohon kepada seluruh masyarakat Sumut. Ada dua juta masyarakat lebih yang mencintai saya. Saya minta sama semua pecinta JR-Ance tetap kami melakukan yang terbaik. Tidak ada yang boleh ribut,” ucap JR Saragih.

Informasi yang dihimpun JawaPos.com, JR Saragih sekolah di SMA Iklas Prasasti, Jalan Raya Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat. JR Saragih juga melampirkan berkas tersebut saat maju sebagai Bupati Simalungun. Sekolah itu sudah tutup sejak tahun 1990.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Gagal Jadi Cagub Sumut, JR Saragih Menangis