alexametrics

Dua Paslon Pilgub Jateng Bakal Deklarasikan Kampanye Damai di CFD

12 Februari 2018, 20:25:42 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah bakal menggelar kampanye damai di kawasan bebas berkendara atau car free day (CFD) di Semarang pada Minggu, 18 Februari nanti.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menuturkan, adanya acara ini sebagai deklarasi bagi masing-masing peserta Pilgub Jateng 2018 dalam menghindari cara-cara negatif selama masa kampanye berlangsung dari 15 Februari hingga 23 Juni 2018. 

Grafis Pilkada 2018
Grafis Pilkada 2018 (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

“Kami harap paslon bisa meluangkan waktu untuk berkampanye. Timses harus segera mengurus surat izin kepada pihak TNI/Polri,” kata Joko, Senin (12/2).

Untuk diketahui, KPU Jateng sebelumnya telah menetapkan paslon yang akan berlaga pada Pilgub 2018. 

Mereka adalah calon gubernur petahana Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen usungan koalisi PDIP, PPP, Nasdem, Demokrat. Kemudian calon gubernur Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Gerindra, PKB, PKS dan PAN.

Lebih lanjut, diselenggarakannya kampanye damai saat hari bebas berkendara sendiri didasarkan pada beberapa pertimbangan. Selain berbarengan pada akhir pekan, alasan lain karena selama ini area CFD menjadi pusat keramaian di Kota Semarang.

“Maka kami nanti masuk ke sela-sela kegiatan masyarakat yang beraktivitas di CFD,” tuturnya.

Bertajuk Kampanye Pilkada Damai, acara bakal dimeriahkan dengan pelepasan burung merpati sebagai lambang perdamaian, tepatnya di Jalan Pahlawan. Selanjutnya, paslon berkeliling sampai Jalan Pemuda dan kembali lagi ke Pahlawan.

“Kami sedang berkoordinasi dengan aparat TNI/Polri untuk mengurus semua perizinan acaranya,” ujar Joko.

Joko menambahkan, saat ini pihaknya juga telah mengurus semua pengadaan alat peraga kampanye (APK), termasuk foto para paslon untuk dipasang di baliho.

APK itu menurut Joko, nantinya akan dipasang di 350 titik di seluruh Jateng. Ia pun memastikan pengadaan alat peraga kampanye sudah beres setelah pengundian nomor urut paslon pada Rabu (13/2) besok. 

“Untuk proses setelah ini, KPU tinggal menjadwalkan pendistribusian ke tiap daerah, disusul rancangan visi dan misi kedua paslon Pilgub,” tandas Joko.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Dua Paslon Pilgub Jateng Bakal Deklarasikan Kampanye Damai di CFD