alexametrics

Dengarkan Curhat Pedagang, Gus Ipul Blusukan ke Pasar Wonokromo

12 Februari 2018, 21:48:36 WIB

JawaPos.com – Bakal calon gubernur Jatim Saifullah Yusuf blusukan ke Pasar Wonokromo, Senin (12/2). Hal itu dilakukannya sebelum penetapan kontestan Pilkada Jatim oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu terlihat gayeng berbincang-bincang dengan para pedagang.

Gus Ipul sama sekali tidak lelah menghampiri satu persatu lapak dan kios yang ada. Mulai lapak telur, penjual daging, padagang beras, pejual bumbu, penjual krupuk, penjual daging ayam, toko pakaian, dan hingga lapak pedagang sembako. Mereka dapat berjualan dengan tenang karena harga stabil.

Gus Ipul
Gus Ipul saat blusukan ke Pasar Wonokromo (dok. Tim Media Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno)

Pertama-tama yang menggelitik rasa ingin tahu Gus Ipul adalah perkembangan seputar harga cabai yang belakangan jadi persoalan karena harganya yang naik turun.

Gus Ipul tampak senang begitu bertemu langsung dengan seorang padagang cabai bernama Salma. Dia memperoleh informasi langsung dari pedagang cabai yang sudah tahunan berkegiatan di pasar tersebut. 

“Gimana harga cabai, sekarang? Apa masih naik?” tanya Gus Ipul. “Allhamdulillah, sudah tidak naik lagi. Sudah stabil, Gus,” jawab Salma sejurus kemudian.

Naiknya harga cabai belum lama ini telah membuat komoditas ini jadi isu nasional. Gus Ipul menaruh perhatian pada kestabilan harga cabai. “Jadi harganya sudah sudah stabil ya,” tanya Gus Ipul.

Berjalan bebarapa langkah, mantan Ketua Umum GP Ansor itu berhenti di lapak penjual daging ayam. Gus Ipul pun menanyakan dari mana para pedagang itu kulakan ayam-ayam potong. “Ini ngambil di Kediri, ya ayamnya?” tanya Gus Ipul.

Sambil menyampaikan terima kasih kepada beberapa pedagang yang ditemuinya, Gus ipul menegaskan bahwa Jawa Timur bisa menjadi seperti sekarang karena para pegiat di pasar.

“Jatim maju perekonomiannya seperti sekarang, ya berkat beliau-beliau ini (sambil menunjuk para pedagang),” katanya.

Kunjungan Gus Ipul ke Pasar Wonokromo itu diakhiri dengan menemui para tukang becak. Tanpa rasa sungkan, Gus Ipul berangkulan dengan mereka. Dia juga minta didoakan agar tetap kuat memegang amanah.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Dengarkan Curhat Pedagang, Gus Ipul Blusukan ke Pasar Wonokromo