alexametrics

Timses Gus Ipul-Puti: Jangan Ada Politisi Agama

11 Juni 2018, 00:11:27 WIB

JawaPos.com – Tim Pemenangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno berang. Sebabnya, ada oknum yang diduga sengaja menyebarkan spanduk bernada politisasi agama. 

Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Puti, Hikmah Bafaqih mengatakan, secara eksplisit, spanduk itu berisi fatwa untuk masyarakat. Isi fatwanya, bertuliskan Memilih Khofifah Fardhu Ain.

Artinya, agar masyarakat memilih pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto. Ada juga foto Khofifah, Emil dan KH Asep Saifuddin Chalim yang terpampang pada spanduknya. 

Hikmah pun menilai isi spanduk tersebut dapat memecah belah umat. “Padahal sejak awal kita semua sudah sepakat bahwa jangan ada politisasi agama,” ujar Hikmah saat dihubungi, Minggu (10/6).  

Hikmah mencontohkan pencalonan Saifullah dan Puti. Dia mengatakan, keterlibatan ulama terhadap dua pasangan calon itu hanya sebatas rekomendasi. 

“Ratusan kiai yang merestui Saifullah Yusuf tidak pernah menerbitkan fatwa yang membawa masalah politik ke urusan haram-halal,” kata Hikmah. 

Awalnya, Hikmah mengaku mendapati spanduk tersebut berdasarkan laporan dari sejumlah tim pemenangan di daerah. Katanya, spanduk yang berisi fatwa itu terlihat di sejumlah daerah, termasuk Surabaya. 

Dia juga menemukan pemberitaan terkait spanduk tersebut berdasarkan tayangan dari sejumlah media online. Yakni, para kiai menggelar pertemuan di Ponpes Amanatul Ummah, Mojokerto, Juni lalu. Khofifah turut hadir dalam pertemuan itu. 

Pertemuan itu menghasilkan fatwa bernomor 1/SF-FA/6/2018. Yakni, mencoblos Khofifah-Emil Elestianto hukumnya Fardhu Ain alias wajib bagi setiap orang.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Timses Gus Ipul-Puti: Jangan Ada Politisi Agama