alexametrics

Djarot Silaturahmi Dengan Camat Medan Polonia

11 Juni 2018, 23:30:53 WIB

JawaPos.com – Pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Djarot Saiful Hidayat yang berpindah ke Kota Medan yang cukup cepat, sempat menuai pembicaraan hangat di media sosial. Calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) itu pun, menemui pihak kelurahan dan kecamatan untuk membuktikan kalau dirinya tidak melalui prosedur bodong. 

Nomor Induk Kependudukan Djarot pun sempat menjadi pembicaraan banyak kalangan. Apalagi bagi yang tidak mengetahui bagaimana prosedur yang seharusnya. 

Dalam kesempatan itu, Djarot juga sekaligus menyerahkan salinan data keluarganya. Djarot menyerahkan datanya di Kantor Kelurahan Madras Hulu di Jalan Cik Di Tiro Medan yang disaksikan Camat Medan Polonia Agha Novrian.

Dalam pertemuan itu, Djarot juga bercerita bagaimana proses KTP-elnya keluar. KTP-el Djarot pertama kali dikeluarkan dari Kota Blitar. 

Sehingga NIK yang terdapat dalam KTP-el milik cagub yang didukung PDI Perjuangan dan PPP tersebut berbeda dengan NIK di Sumut.

“Kalau diganti, justru itu salah karena NIK itu berlaku secara nasional,” katanya.

Meski demikian, Djarot Saiful Hidayat menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Kecamatan Medan Polonia dan Kelurahan Madras Hulu karena bersedia menerima penyerahan data keluarga tersebut.

Camat Medan Polonia Agha Novrian mengatakan, setelah ditelusuri lebih mendalam, pihaknya tidak menemukan adanya kesalahan dalam pengurusan KTP-el milik Djarot Saiful Hidayat. Karena, Djarot langsung mengurusnya ke Disdukcapil. 

“Hanya itu saja yang saya sampaikan ke media, ternyata langsung ke Disdukcapil. Jadi, tidak ada kesalahan dalam prosedur pengurusannya,” ujarnya. 

Sebelumnya, soal KTP Djarot itu pun membuat Mendagri Tjahjo Kumolo angkat bicara. Tjahjo pun menjelaskan Penerbitan KTP-el tersebut. 

Kata Tjahjo, KTP itu diterbitkan langsung oleh Disdukcapil Kota Medan sebagai instansi pelaksana. Sebagaimana diamanatkan UU 24 Tahun 2013. Dasar penerbitan adalah SKPWNI/3174/01062018/0001 tanggal 1 Juni 2018 dari daerah asal Kota Administrasi Jakarta Selatan ke daerah tujuan Kota Medan. 

Data dan KTP-el Djarot diperbaharui, pada hari Senin, tanggal 4 Juni 2018 pukul 10:48:39 AM oleh pemegang username nomor: 1271budi. 

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Djarot Silaturahmi Dengan Camat Medan Polonia