alexametrics

Sesepuh Reog Ingin Kota Wisata, Khofifah Canangkan Wonderful Ponorogo

11 Maret 2018, 18:10:48 WIB

JawaPos.com – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak terus mendapat dukungan dari berbagia kalangan masyakat. Kali ini, giliran sesepuh budayawan Reog Ponorogo menyatakan dukungannya pada paslon nomor urut 1 itu.

Tokoh Budaya Reog Ponorogo Bantarangin, Ahmad Tobroni Torjo mengatakan, dukungan tersebut sangat tepat. Sebab, paslon Khofifah-Emil dinilai mampu melestarikan tradisi budaya Reog Ponorogo. Tobroni meminta Khofifah menginisiasi Ponorogo menjadi kota wisata.

“Saya kepingin dan terus berdoa mudah-mudahan Ibu Khofifah berhasil. Lalu nanti yang dulu dicanangkan Bupati saya Soebarkah Potra Hadiwirjo mudah-mudahan punya daerah wisata. Hanya itu harapan saya. Semuanya berdoa mudah-mudahan Bu Khofifah mendapat kemurahan Tuhan,” kata Tobroni ketika menerima kunjungan Khofifah di desa Somoroto, Ponorogo, Minggu (11/3).

Dalam kesempatan tersebut, Tobronii juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Khofifah. Sebagai warga Nahdlatul Ulama (NU), Tobroni optimistis Khofifah bakal terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur ke depan.

“Dari keluarga Bantarangin kami ucapkan terima kasih sudah rawuh ke sini. Mudah-mudahan terpilih, saya sudah ikut pilih partai Nahdlatul Ulama, bu. Untuk kali ini, kalau seluruhnya kompak dan tidak dizalimi lagi, Bu Khofifah InsyaAllah jadi,” yakinnya.

Sementara itu, Khofifah menyambut baik keinginan masyarakat Ponorogo soal pengembangan wisata. Mantan Menteri Sosial itu pun dengan gamblang memaparkan programnya bernama Nawa Bhakti Satya.

“Wisata alam ada, kuliner ada, religius ada, budaya ada. Bagaimana itu dijadikan satu kesatuan paket wisata, misalnya Wonderful Ponorogo. Amazing Ponorogo. Ini menurut saya sudah harus jadi cagar budaya, dari sisi historis kelahiran bagaimana Reog sudah menjadi sebuah produk budaya mendunia. Bukan hanya ponorogo, Indonesia tapi juga mendunia,” ucap Khofifah.

Dijelaskan Khofifah, dalam Nawa Bhakti Satya dirinya telah mencantumkan pada bhakti ke-9, Jatim Harmoni, di dalamnya menegaskan akan memperhatikan budaya lokal dengan membangun akses dan memberdayakan masyarakat lokal. Bahakan, Khofifah menyebutkan akan memprioritaskan 51 titik wisata di Jawa Timur.

“Melestarikannya menjadi penting, memperhatikan senimannya. Menjadi penting antara produk seni dan seniman. Antara produk budaya dan budayawan harus menjadi satuan yang keterkaitan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan 6 partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), dan partai Hanura (2 kursi).

Dalam pencalonannya paslon nomor urut 1 itu, menawarkan beberapa program kerja jika terpilih kelak. Program-program tersebut dikemas dengan sebutan Nawa Bhakti Satya.

Editor : Indra Sanjaya

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sesepuh Reog Ingin Kota Wisata, Khofifah Canangkan Wonderful Ponorogo