alexametrics
Pilpres 2019

Penggalangan Dana Kampanye Digelar Tertutup, Ini Alasan Erick Thohir

11 Februari 2019, 23:00:31 WIB

JawaPos.com – Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan tertutup dengan elite Tim Kampanye Nasional (TKN). Dalam acara ini, selain membahas kinerja tim sukses, juga digelar acara penggalangan dana kampanye dengan melakukan lelang lukisan karya seniman kondang tanah air.

Ketua TKN, Erick Thohir mengatakan, meski acara penggalangan dana digelar tertutup, kubu 01 dipastikan tetap menjaga transparansi. Mereka akan melaporkan hasil penggalangan dana ini kepada penyelenggara pemilu.

“Ya nggak apa-apa. Saya rasa nanti kami akan laporkan. Kami dari tim TKN, menjaga profesionalisme, tidak menutup-tutupi. Tapi memang ada yang harus tertutup dan terbuka,” ujar Erick di Jakarta, Senin (11/2).

Penggalangan dana melalui lelang lukisan digagas atas kegiatan serupa pada 2014 silam. Kala itu sejumlah seniman membuat lukisan bertema revolusi mental sebagai bentuk dukungan kepada Jokowi.

Sekarang, para seniman ini kembali merasakan kegundahan apabila Jokowi tidak melenggang ke periode kedua. Sehingga mereka kembali memberikan sumbangsihnya dengan keahlian yang mereka miliki.

“Ini merupakan hal-hal yang luar biasa bagi kami, karena mereka percaya, Allah SWT sudah berikan saat ini adalah hal yang baik. Makanya mereka ekspresikan dan kebetulan kerja sama dengan TKN,” jelas Erick.

Mantan bos Inter Milan itu mengatakan, proses lelang sudah dimulai saat Jokowi meninggalkan area pertemuan. Lukisan pertama yang dilelang yakni milik seniman Kartika Affandi. Saat Jokowi pergi penawarannya sudah mencapai Rp 2 miliar.

“Sedang proses berlangsung, nanti disampaikan. Kami sedang lelang lukisan Ibu Kartika Affandi. Tadi turun (dibuka) Rp 1 miliar, sekarang udah (ditawar) Rp 2 miliar,” pungkas Erick.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Copy Editor :

Penggalangan Dana Kampanye Digelar Tertutup, Ini Alasan Erick Thohir