JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pilpres 2019

Karya Seniman Kondang Dilelang untuk Sokong 'Kocek' Jokowi-Ma'ruf

11 Februari 2019, 17:00:59 WIB
Karya Seniman Kondang Dilelang untuk Sokong 'Kocek' Jokowi-Ma'ruf
Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menggelar pameran dan lelang lukisan lintas generasi untuk menggalang dana kampanye pilpres 2019. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menggelar pameran dan lelang lukisan lintas generasi untuk menggalang dana kampanye pilpres 2019. Hasil lelang lukisan seluruhnya akan dimasukkan ke rekening dana kampanye untuk digunakan sebagai logistik kampanye.

Lelang lukisan kali ini mengangkat tema '#01 Satu Arah untuk Satu Indonesia Maju'. Karya seni dari seniman kondang dipajang di sini. Seperti karya dari I Nyoman Nuarta, Goenawan Muhammad, Hanafi, Erica, Nasirun, Anton Subiyanto, Kartika Affandi, Putu Sutawijaya, Hojatul, Gusmen Heriadi, Deddy Sufriadi, dan Heri Kris.

"Memang ini nanti akan dilelang dan ini bagian dari karya para seniman untuk mendukung Pak Jokowi. Seluruh penerimaan termasuk juga gotong-royong dari dana malam nanti itu semua akan dilaporkan dalam rekening dana kampanye," kata Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto di Jakarta, Senin (11/2).

Hasto menuturkan, Indonesia merupakan negara yang penuh dengan nilai-nilai kebudayaan. Salah satunya yaitu dengan lukisan seperti ini. Menurutnya, para seniman mendorong kemajuan bangsa.

"Capaian kebudayaan sebuah bangsa itu sangat menentukan bagaimana tolok ukur kemajuan bangsa itu karena di situlah nilai-nilai kemanusiaan itu diekspresikan dengan bebas," imbuhnya.

Di tempat sama, pelukis senior Kartika Afandi mengaku senang karya seninya bisa turut berkontribusi untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf. "Saya mewakili temen-temen seniman dari Jogja, dengan senang hati kami bisa berkumpul dan menampilkan bagaimana ekspresi kami bersama-sama," katanya.

Dia mengaku telah mendukung Jokowi sejak 2014, dan akan terus mendukung perjuangan petahana. "Iya harusnya kita harus konsekuen dong (dukung Jokowi, Red). Nyambung terus jangan putus di tengah jalan," sambung Kartika.

Kartika menilai Jokowi merupakan sosok yang berhasil membuat kagum dirinya. Karena itu dia tidak segan mendukungnya. Ia pun sudah tak sabar nanti karya seninya akan dilihat langsung oleh Jokowi.

"Beliau (Jokowi, Red) yang luar biasa, apalagi nanti melihat karya kami, bagaimana kami mengungkapkannya," pungkasnya.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Sabik Aji Taufan

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up