alexametrics

Sihar Temui Saulina, Nenek 92 Tahun yang Divonis Karena Tebang Pohon

11 Februari 2018, 17:46:30 WIB

JawaPos.com – Bakal calon wakil gubernur Sumatera Utara Sihar Sitorus menyeberang Danau Toba untuk menemui seseorang yang dianggapnya spesial. Setelah menumpang perahu, Sihar dan istrinya tiba di Dusun Panamean, Desa Sampura, Kecamatan Ukuran, Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (10/2).

Sepanjang perjalanan di atas kapal, Sihar agaknya pamer dengan keindahan Danau Toba. Meskipun cuaca sedikit kurang bersahabat Sihar tetap tampak tenang. “Selama niat kita tulus, alam akan bersahabat. Ini kampungku, indah kan? Kampungmu di mana?” Kata Sihar kepada rombongan yang ikut dengannya, dari rilis yang diterima JawaPos.com, Minggu (11/2).

Selain menemui warga, Sihar menemui Saulina Boru Sitorus, 92. Seorang nenek yang divonis hakim tiga bulan kurungan oleh Pengadilan Negeri Balige karena menebang pohon durian.

Alasan Sihar menemui Nenek Saulina karena ada persoalan yang melibatkan unsur kekerabatan di sana. Masyarakat di Desa Sampura masih terhubung dengan tali kekerabatan.

“Saya mendengar ada beberapa masalah vertikal di sana antar sesama kerabat. Saya datang ingin menyapa dan berbagi cerita damai bersama mereka,” kata Sihar.

Bagi Sihar, konflik yang terjadi di masyarakat harus diselesaikan dengan cara damai. Sebagai calon pemimpin, Sihar juga harus bisa bijak menyikapi persoalan.

“Jadi kalau ingin hidup di lingkungan masyarakat yang baik, ya kita harus bisa menempatkan diri sebagai objek dan sebagai subjek. Agar kita dapat hidup dengan damai,” ungkapnya.

Secara cermat, Sihar mendengar permasalahan yang mendera Saulina. Menurut Sihar, persoalan yang terjadi karena hanya kesalahpahaman. Sihar melakukan mediasi antara pihak yang berkonflik.

“Mereka harus saling memaafkan dan tidak berkonflik. Serta harus bersama agar dapat mencapai kebaikan. Ada persoalan penebangan kayu, ada tanah, dan menurut saya persoalan utama itu komunikasi dalam keluarga. Karena semua keluarga. Jadi kita berharap masyarakat tetap rukun,” ujarnya.

Diakhir pertemuan, Sihar memeluk Saulina untuk berpamitan. Dia berpesan agar Saulina lebih tegar.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sihar Temui Saulina, Nenek 92 Tahun yang Divonis Karena Tebang Pohon