alexametrics

Puti: Ekonomi Kreatif Jadi Bekal Bangun Jawa Timur

11 Februari 2018, 06:10:06 WIB

JawaPos.com – Perkembangan ekonomi kreatif di Jawa Timur saat ini mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen. Hal itu pun dirasa bisa menjadi potensi yang besar untuk membangun Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan oleh bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno pada kunjungan singkatnya ke Kota Malang, Sabtu (10/2).

“Saya melihat Jawa Timur punya potensi besar untuk membangun ekonomi kreatif,” ujarnya di sela-sela kunjungannya ke outlet oleh-oleh milik Krisdayanti, Sabtu (10/2).

Dia mengungkapkan, kontribusi ekonomi kreatif saat ini semakin besar. Bahkan menurut data terakhir, perkembangan ekonomi kreatif mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen. “Jadi modal juga untuk bangun Jawa Timur. Jadi harus semakin didorong,” terangnya. 

Dirinya juga melihat, jika di Kota Malang ini mempunyai potensi yang besar dalam hal ekonomi kreatif. Mulai dari industri kuliner, fashion, dan kriya. “Jadi ini salah satu bentuk ekonomi kreatif yang mulai tumbuh di Jawa Timur, khususnya di Kota Malang. Jadi saya berharap tidak hanya satu, tapi perempuan yang ada di Malang ini bisa berlomba,” ujar pasangan dari calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul itu.

Menurutnya, dengan pengelolaan secara profesional, ekonomi kreatif tersebut bisa terus berkembang. Nantinya, ekonomi kreatif juga bakal menjadi fokus utama dalam programnya ketika terpilih di Pilgub 2018 nanti. 

Ada beberapa program yang berkaitan dengan ekonomi kreatif yang sudah masuk dalam daftarnya. Pemberdayaan untuk ekonomi kreatif di Jawa Timur itu antara lain desa wisata, pengelolaan UMKM, dan pembinaan serta kredit UMKM. 

Pada kesempatan itu, dirinya memang sengaja mengunjungi outlet sahabat yang juga penyanyi Krisdayanti. Ketika ditanya apakah dia akan menggandeng Krisdayanti pada saat kampanye nanti, Puti menjawab jika kunjungan ini tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. 

“Ini pertemanan. Ini diluar dari jadwal, sekalian mendukung (bisnis kuliner) mbak Yanti. Saya juga kangen, jadi kesini,” ujarnya sembari tertawa. 

 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Puti: Ekonomi Kreatif Jadi Bekal Bangun Jawa Timur