alexametrics

Puti Ajak Anak Muda Peka dan Manfaatkan SDM

11 Februari 2018, 20:16:04 WIB

JawaPos.com – Bakal calon (Balon) Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Puti Guntur kembali bersafari ke komunitas anak muda. Ia mendorong kepekaan generasi zaman now memanfaatkan segala sumber daya yang ada. Hal itu disampaikan Puti dalam pertemuannya bersama sejumlah komunitas anak muda di Satu Atap Co-Working Space, Minggu (11/2) di Surabaya.

Puti menyampaikan ajakan tersebut usai mendengar curhatan para pemuda. Dimana saat itu, muncul sejumlah usulan dan keluhan seputar dunia ekonomi digital dan usaha start up yang dipaparkan.

Menurut Puti, segala macam hambatam tersebut seharusnya dapat memicu pemuda menciptakan bentuk kreatifitas yang berbeda.”Salah satu yang dapat dimanfaatkan adalah, potensi yang ada di setiap wilayah di Jawa Timur (Jatim). Misalnya, industri pariwisata,” kata Puti saat berdialog dengan komunitas pelaku usaha muda di Satu Atap Co-Working Space, Minggu (11/2).

Puti Ajak Anak Muda Peka dan Manfaatkan SDM
Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno, Wakil Wali Kota Wisnu Sakti Buana, dan Anggota DPR RI Komisi XI Indah Kurnia saat berdiskusi dengan sejumlah pelaku usaha ekonomi digital. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

Dia mencontohkan, salah satu wilayah di Jawa Timur yang dianggap sebagai daerah penghasil buah nanas. Menurutnya, belum ada tenaga kreatif yang mampu memanfaatkan hasil alam tersebut.

“Nah, bagaimana anak-anak ini dapat melihat potensi sumber daya itu. Tapi, ide dan kreatifitas tetep dari anak muda,” ujar Puti.

Menurutnya, kekurangan tersebut yang menjadi penyebab masih ada ketimpangan tingkat perekonomian. Terutama tingkat perekonomian lokal di wilayah kabupaten, yang masih belum berkembang ketimbang di kota besar.

Puti menilai, pelaku usaha muda masih terkungkung dalam ruwetnya birokrasi usaha. Apalagi, saat bersinggungan dengan pemerintahan. Karenanya, dia berjanji akan melibatkan diri dalam setiap upaya mengembangkan eksistensi pemuda di dunia usaha.

“Nanti saya ajak Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sekalian ya. Supaya tahu permasalahannya,” papar Puti.

Sebelumnya, Puti juga sudah menyebarkan doktrin ekonomi kreatif kepada sejumlah kalangan santri. Menurutnya, santri zaman now harus kreatif dalam bentuk yang positif. Supaya dapat membangun kehidupan yang lebih baik.

Jika terpilih jadi Wakil Gubernur Jawa Timur lanjutnya, Gus Ipul menugasi dirinya untuk menangani sektor ekonomi kreatif. Begitu pula menangani generasi muda, kesehatan dan pendidikan.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Puti Ajak Anak Muda Peka dan Manfaatkan SDM