JawaPos Radar

Pilpres 2019

Airlangga Hingga Sri Mulyani Masuk Kandidat Cawapres Terlayak Jokowi

10/07/2018, 18:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Airlangga Hingga Sri Mulyani Masuk Kandidat Cawapres Terlayak Jokowi
Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, memaparkan hasil survei bertema 'Siapa Pasangan Capres dan Cawapres Ideal Pasca Pilkada?' di Jakarta, Selasa (10/7). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Calon Presiden (capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah mengantongi nama calon pasangannya di Pilpres 2019. Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi mengenai figur yang akan mendampinginya.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adji Alfaraby menyebut ada 5 nama kandidat cawapres terkuat yang akan mendampingi Jokowi. Dalam riset terbarunya, Adji membagi calon-calon tersebut sesuai latar belakang keahliannya, dan penilaian ahli.

"Cawapres Jokowi mengerucut ke 5 nama, yaitu Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Tito Karnavian, Moeldoko, dan Sri Mulyani," ujar Adji di kantor LSI Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (10/7).

Munculnya lima nama ini sesuai dengan keinginan 80,7 persen responden yang berharap setelah Pilpres 2019 dapat mewujudkan pemerintahan yang kuat dari semua aspek. Nama Airlangga sendiri dipercaya dapat menguatkan pemerintahan Jokowi selanjutnya dari sisi parlemen.

Menteri Perindustrian itu mengalahkan nama-nama tenar lain seperi Muhaimim Iskandar (Cak Imin) dan Romahurmuziy (Rommy). "Cawapres Jokowi agar kuat di parlemen, kami menguji semua Ketua Umum Partai. Hasilnya, Airlangga teratas dengan 35,7 persen suara, disusul Ketum PKB 21,5 persen dan Ketum PPP 16 persen," imbuh Adji.

Sementara itu Sri Mulyani dengan kemampuannya sebagai ekonom, dianggap dapat menyokong kemajuan ekonomi pemerintah Jokowi di periode kedua.

"Cawapres ideal Jokowi yang mengerti dan kapabel dengan ekonomi, hasilnya Menteri Keuangan Sri Mulyani yang paling diinginkan publik dengan 32,5 persen dukungan," lanjut Adji.

Sementara itu dari sisi aparat hukum dan keamanan, muncul 3 nama potensial. Ranking pertama diisi oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (32,6 persen), disusul Moeldoko (29 persen) dan Wiranto (25,7 persen).

Terakhir dari aspek tokoh agama Ketua MUI KH Ma'ruf Amin menjadi yang diinginkan publik (21 persen), disusul Din Syamsuddin (17, 2 persen), Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) (12,3 persen) dan Mahfud MD (9,5 persen).

Namun dari hasil seleksi terakhir dengan sistem penilaian ahli (expert judgement), cawapres potensial Jokowi mengarah kepada 5 nama yakni Airlangga, Mahfud MD, Tito, Moeldoko dan Sri Mulyani.

"Kelima nama ini tidak di-ranking karena punya peluang sama dan mewakili spektrum berbeda," pungkas Adji.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up