alexametrics

Sahur Bareng, Gus Ipul Ingin Tiru Pemerintahan Risma di Kota Lain

10 Juni 2018, 18:07:18 WIB

JawaPos.com – Bicara soal kesuksesan sebuah kota, tentu tidak lepas dari peran serta masyarakat, pemerintah, dan pemerintahannya. Begitu pula dengan ibu kota Jawa Timur yang dipimpin Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. 

Calon gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf pun tertarik dengan gaya dan model kepemimpinan Risma. Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu merasa perlu menerapkan metode kepemimpinan serupa di kabupaten dan kota lain di Jawa Timur. 

Termasuk, kebijakan yang selama ini telah membawa Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. “Bahkan kami akan kembangkan di kabupaten atau kota lain di Jawa Timur. Karena dengan begitu kesuksesan itu lebih merata,” kata Gus Ipul saat ditemui wartawan di Jalan Urip Sumoharjo, Surabaya, Minggu (10/6). 

Gus Ipul berpendapat, model kepemimpinan Risma menyasar pada kesejahteraan masyarakat di sektor yang cukup strategis. Antara lain, pendidikan gratis, pelayanan satu atap dengan teknologi, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

“Juga membantu UMKM dengan menggandeng stakeholder yang lain. BBPOM dan kepolisian,” kata Gus Ipul. 

Satu hal lain yang lebih menarik bagi Gus Ipul adalah sinergitas antar instansi. Menurutnya, sebuah kebijakan terhadap pelayanan di sektor publik akan menjadi efisien, mudah dan murah.  

“Model pemerintaham seperti itu, positif sekali. Karena pemerintah mampu melakukan sinergi dengan instansi lain. Sehingga pelayanan (kemasyarakatan) lebih mudah, efisien, dan murah,” katanya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sahur Bareng, Gus Ipul Ingin Tiru Pemerintahan Risma di Kota Lain